Jumlah Ideal ASN di Kaltara Mencapai 7 Ribu Orang

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Kebutuhan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Kaltara sebanyak 7 ribuan orang. Angka itu berdasarkan hitungan Biro Organisasi Sekretariat Provinsi (Setprov) Kaltara.

Plt. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltara Andi Amriampa, mengatakan saat ini ASN Pemprov Kaltara baru mencapai 4 ribu lebih.

“Artinya masih kurang 2 ribu orang lebih untuk mencapai jumlah ideal ASN kita di Kaltara. Total ASN Pemprov Kaltara itu 4 ribu lebih, sementara jumlah ideal itu 7 ribu orang. Jadi kita masih kurang,” jelas Andi, Kamis (23/5/2024).

Eksisting jumlah pegawai ASN Pemprov Kaltara ideal di angka 7 ribu itu ditetapkan berdasarkan hitungan Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja (Anjab dan ABK).

Baca Juga :  Organisasi Perangkat Daerah Didorong Lakukan Penataan Kembali Pegawai Non ASN

Adapun untuk tahun 2024 ini, Pemprov Kaltara kembali mengajukan sebanyak 1.468 calon pegawai ASN ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

“Saat ini usulan sebanyak 1.468 calon pegawai ASN itu sudah disetujui di Kemenpan-RB,” ungkapnya.

Jika 1.468 calon pegawai ASN yang diusulkan itu nanti sudah terisi, lanjut Andi Amriampa, berarti total pegawai ASN di lingkungan Pemprov Kaltara baru sekitar 6 ribuan orang. Itu artinya, masih kurang sekitar 1.000 orang lagi baru bisa memenuhi jumlah ideal.

Baca Juga :  Organisasi Perangkat Daerah Didorong Lakukan Penataan Kembali Pegawai Non ASN

Saat ditanyai soal belanja pegawai untuk jumlah pegawai ASN jika ditambahkan dengan usulan yang sudah disetujui Kemenpan-RB itu, Andi Amriampa mengatakan hal itu nanti akan dikoordinasikan dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, dalam hal ini Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kaltara.

Pastinya, pihaknya masih terus melakukan berbagai upaya untuk bisa memenuhi kebutuhan ideal pegawai ASN di lingkungan Pemprov Kaltara guna mengoptimalkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat umum, salah satunya melalui rekrutmen calon pegawai ASN.

Baca Juga :  Organisasi Perangkat Daerah Didorong Lakukan Penataan Kembali Pegawai Non ASN

Untuk diketahui, dari total usulan 1.468 calon pegawai ASN yang telah disetujui Kemenpan-RB sebanyak 1.403 formasi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan sisanya 65 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2893 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *