Soal Pilbup Nunukan, Irwan Sabri Unggul Elektabilitas

benuanta.co.id, NUNUKAN – Lembaga survey Integritas Ide Celebes (IIC) merilis hasil survei terkait Pemilihan Bupati (Pilbup) Nunukan 2024. Hasilnya, H. Irwan Sabri unggul dengan elektabilitas 30,9 persen.

Hal itu disampaikan Direktur IIC, Akbar Najemuddin dari tiga kandidat yang menjadi perbincangan di kalangan masyarakat Nunukan yakni Irwan Sabri, Andi M. Akbar dan Basri.

“Di urutan pertama, nama H. Irwan Sabri dengan elektabilitas sebesar 30,9 persen, Andi M. Akbar sebanyak 23,3 persen dan Basri sebanyak 11,1 persen,” kata Akbar Najemuddin kepada benuanta.co.id Rabu, 22 Mei 2024.

Baca Juga :  Baliho Bertebaran di PJU, Bawaslu Nunukan Ingatkan soal Etika dan Estetika

Lanjut dia, sementara itu pemilih yang belum menentukan jawaban atau rahasia sebesar 34,7 persen. Hal ini menggambarkan bahwa pemilih mengambang (Undecided Voters) masih sangat signifikan untuk dijadikan sebagai basis pemilih.

Menurutnya, calon bupati perlu mengoptimalkan kunjungan kandidat dan simpatisan serta relawan untuk turun ke masyarakat mengkampanyekan program kerja yang menguntungkan pemilih. Itu perlu dilakukan sehingga program-program kandidat tersebar secara masif di masyarakat, karena faktor yang paling mempengaruhi penentuan pilihan publik terhadap calon adalah visi-misi serta program yang ditawarkan oleh calon terkait dengan permasalahan yang dihadapi oleh pemilih.

Baca Juga :  Gerindra Sambut Baik Komposisi Zainal - Ingkong di Pilgub Kaltara

Berita lainnya : 

Lanjut dia, adapun permasalahan utama yang dianggap perlu untuk dituntaskan oleh pemerintah yang akan datang yaitu terkait ketersediaan air bersih 70 persen, kebutuhan energi listrik 68,6 persen dan hasil pertanian 49,8 persen infrastruktur jalan 48,4 persen.

“Bakal calon bupati itu perlu lebih spesifik mengajukan solusi terkait empat persoalan itu, itukan  sebagai upaya untuk menyelesaikan persoalan yang ada di Kabupaten Nunukan,” jelasnya.

Baca Juga :  KPU Nunukan : Peran Media Penting dalam Sukseskan Pilkda 

Survey persepsi dan prilaku pemilih di Kabupaten Nunukan melibatkan 600 responden. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah Multi stage random sampling dengan Margin of Error ±3,4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (*)

Reporter : Darmawan

Editor : Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1926 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *