Irwan Sabri Dianggap Sebagai Sosok Pembawa Perubahan untuk Nunukan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Hasil survei Lembaga Integritas Ide Celebes (IIC) Elektabilitas H Irwan Sabri unggul 30,9 persen dari dua kandidat bakal calon Bupati Nunukan lainnya pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang.

Direktur IIC, Akbar Najemuddin mengatakan berdasarkan hasil survei yang dilakukan terhadap 600 respoden di 18 kecamatan dari 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Nunukan, keunggulan Irwan Sabri disebabkan sosoknya dianggap sebagai lokomotif atau tokoh yang berada di luar poros pemerintahan saat ini.

“Jadi para pemilih yang memang menginginkan perubahan dari tata kelola pemerintahan, perbaikan infrastruktur, Irwan Sabri dianggap sebagai representasi dari tokoh perubahan itu,” kata Akbar kepada benuanta.co.id, Rabu (22/5/2024).

Baca Juga :  Baliho Bertebaran di PJU, Bawaslu Nunukan Ingatkan soal Etika dan Estetika

Ia juga mengungkapkan, saat ini ada kejenuhan dan berbagai pertanyaan selama survei berlangsung terakit gambaran oligarki di Kabupaten Nunukan yang tergambar di dalam hasil survei yang dilakukan oleh IIC.

“Jadi bisa dibilang Irawan Sabri saat ini dianggap sebagai penantang, makanya orang lebih terpolarisasi menyatakan dukungannya kepada Irwan Sabri,” ungkapnya.

Selian itu, Akbar menyatakan jika terjadi segmentasi Pemilih besar 2020 lalu terjadi pergeseran. Sebelumnya merupakan kelompok penantang khusunya yang dulunya berada di kubu Almarhum H Dani Iskandar kini bergeser perlahan ke Irwan Sabri.

Baca Juga :  KPU Nunukan : Peran Media Penting dalam Sukseskan Pilkda 

“Jadi ini yang menjadi keuntungan tersendiri untuk elektabilitas Irwan Sabri saat ini,” ucapnya.

Selian itu, faktor yang menjadikan elektabilitas Irwan Sabri lebih unggul dari dua calon kandidat lainnya lantaran selama ini, Irwan Sabri tidak pernah melewati momentum politik sejak tahun 2014 lalu hingga saat ini. Hal ini dibuktikan dengan pada tahun 2014 ia maju sebagai calon Legislatif, lalu tahun 2019 maju sebagai calon anggota legislatif dan tahun 2020 maju pada Pilkada sebagai calon wakil Gubernur Kaltara. Menurutnya, dengan hal ini membuat efek yang membiarkan popularitas Irwan Sabri tetap terjaga hingga saat ini.

Baca Juga :  Gerindra Sambut Baik Komposisi Zainal - Ingkong di Pilgub Kaltara

“Jadi Irwan ini punya simpul-simpul politik yang terjaga di setiap wilayah, ketika simpul-simpul politik ini dihidupkan kembali makan akan menguntungkan dirinya,” jelasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan hasil survei IIC Irwan Sabri unggul 30,9 persen, disusul Abdi M Akbar 23,3 persen dan Basri 11,1 persen. Sementara untuk responden yang tidak menentukan pilihan sebanyak 34,7 persen. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1926 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *