Oknum Polisi Brigpol Sigit Utomo Ditangkap Ditpolairud Polda Kaltara, Begini Skenario Pelariannya

benuanta.co.id, TARAKAN – Brigpol Sigit Utomo berhasil diringkus oleh personel Ditpolairud Polda Kaltara pada Sabtu, 8 Juni 2024 pagi. Keberadaan Brigpol Sigit diendus kepolisian setelah sepekan namanya tercatat di dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Ditpolairud Polda Kaltara.

Diberitakan sebelumnya, Brigpol Sigit dinyatakan sebagai buron atas dugaan kepemilikan sabu sekitar 300 gram dari kurir yang lebih dulu diamankan polisi berinisial ADL pada Sabtu, 1 Juni 2024 lalu.

Dirpolairud Polda Kaltara, Kombes Pol Bambang Wiriawan melalui Kasubdit Gakkum, Kompol Yudi Franata menguraikan, Sigit diamankan di sebuah rumah yang di Desa Liang Bunyu Kecamatan Sebatik Kabupaten Nunukan sekira pukul 05.00 WITA.

“Kita amankan di daerah Sungai Nyamuk, itu dia memang mau perjalanan ke Tawau, Malaysia,” urainya, Ahad (9/6/2024).

Baca Juga :  Diduga Terkait TPPU Narkotika, Kliennya Ditahan Bareskrim

Ia melanjutkan, pihaknya sudah memantau pergerakan Sigit dalam upaya dirinya kabur dari kejaran polisi. Polisi mengintai gerak gerik Sigit saat hendak menuju Kecamatan Sebatik dari Kota Tarakan.

Sigit berangkat dari Tarakan pukul 16.00 WITA pada Jumat, 7 Juni 2024 melalui Pantai Amal dengan menyewa satu unit perahu.

“Memang sudah dipersiapkan (kabur) oleh yang bersangkutan. Kita juga sebelumnya sudah cari ke keluarga, istri dan ke mantan pacarnya. Kita telusuri semuanya,” lanjutnya.

Yudi mengungkapkan, dalam upaya pelariannya, Sigit menyimpan satu handphone yang digunakan untuk berkomunikasi dengan rekannya untuk dapat membantunya. Terdapat beberapa rekan Sigit yang diduga terlibat membantunya melarikan diri.

Baca Juga :  Bobol Rombong Pinggir Jalan Gajah Mada, Aksi Tiga Pria Terekam CCTV

Komunikasi antar mereka dilakukan melalui direct message (DM) Instagram. “Jadi tidak melalui nomor telepon atau WhatsApp,” imbuhnya.

Setelah berangkat dari Pantai Amal, upaya pengejaran hampir saja terkendala lantaran terjadi hujan yang cukup lebat di tengah perjalanan. Beruntung, perahu yang ditumpangi Sigit menepi untuk berteduh di area pepohonan. Sehingga polisi masih dapat membuntuti Sigit.

Setelah tiba di sebuah rumah yang ada di Kecamatan Sebatik, Sigit diamankan saat tengah beristirahat.

“Ya mungkin sejam dua jam lah dia (Sigit) istirahat di rumah itu. Itu rumah milik rekannya yang sudah berkomunikasi melalui DM Instagram. Bukan saudara, bukan keluarga juga,” beber perwira melati satu itu.

Baca Juga :  Ditepis Pemiliknya, Dugaan Ijazah Palsu di KTT Disorot Forum PKBM Kaltara

Baca Juga:

Dalam upaya pelarian Sigit, terdapat beberapa rekannya yang berperan menyediakan sarana beserta basecamp persembunyian. Tidak cuma-cuma, Sigit menjanjikan upah untuk rekan-rekannya jika berhasil dalam menjalankan rencana pelarian diri tersebut.(*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1964 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *