Disdikbud Kaltara Gelar LKS Jenjang Peserta Didik Berkebutuhan Khusus

benuanta.co.id, NUNUKAN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Provinsi Kaltara jenjang Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) pada Rabu, 22 Mei 2024.

Kepala Bidang pembinaan Pendidikan Khusus (PPK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltara, Anugraha, mengatakan LKS jenjang PDBK diikuti oleh 5 kabupaten kota yang ada di Kaltara.

“Untuk pesertanya ada Sekolah Luar Biasa (SLB) Nunukan, SLB Bulungan, SLB Tanjung Selor, SLB Kabupaten Tanah Tidung, SLB Malinau, SLB yayasan Karya Murni Tanjung Selor. Ada satu SLB dari Pulau Bunyu itu belum ada peserta didiknya tapi dadi pihak sekolahnya ada ikut kesini untuk melihat jalannya lomba,” ungkapnya.

Baca Juga :  Persiapan PPDB Jenjang SMA dan SMK Sudah Capai 99 Persen

Anugraha menuturkan, LKS yang selalu di gelar setiap tahunnya ini akan dilaksanakan selama tiga hari dan diikuti oleh sebanyak 36 peserta didik dan 37 pendamping.

“Untuk jenis lomba yang akan di ikuti oleh puluhan peserta yakni hantaran, menjahit, tata boga, kecantikan atau tata rias, merangkai bunga, kriya kayu, TI, membatik, dan kreasi barang bekas,” ucapnya.

Tujuan LKS untuk mempersiapkan calon peserta untuk mengikuti lomba ditingkat Nasional yang rencananya akan digelar Juli mendatang. Selian itu, untuk meningkatkan potensi, kemandirian dari peserta didik berkebutuhan khusus.

Baca Juga :  Sediakan Posko Pengaduan, Disdikbud Himbau PPDB Sesuai Tahapan

“Bagi peserta yang menang dilomba ini akan kita kirim sebagai kontingen perwakilan Kaltara nantinya,” ungkapnya.

Anugraha berharap para pendamping atau guru di setiap SLB yang ada di Kaltara dapat lebih meningkatkan kompetensinya agar bisa lebih menggali potensi dari anak-anak didiknya.

Sementara itu, Kepala SLB Nunukan, Zet Simon mengatakan, untuk pelaksanaan LKS PDBK kali ini, Kabupaten Nunukan dipercaya sebagai tuan rumah.

“Tentu ini apresiasi yang sangat luar biasa bagi kami, karena sejak adanya bidang pembinaan pendidikan khusus di Disdikbud Kaltara baru kali ini Nunukan dipercayakan sebagai tuan rumah,” ungkap Zet.

Baca Juga :  Persiapan PPDB Jenjang SMA dan SMK Sudah Capai 99 Persen

Zet berharap ke depannya pelaksanaan LKS PDBK ini bisa dilaksanakan secara bergilir di setiap Kabupaten Kota yang ada di Kalatra.

“Kalau dari kita SLB Nunukan ada 7 peserta didik yang mewakili sekolah untuk mengikuti LKS ini, tentunya kita berharap bisa meraih juara,” pungkasnya.(adv)

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2014 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *