65 PPK Dilantik KPU Berau

benuanta.co.id, BERAU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Berau melantik dan ambil sumpah janji 65 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati pada Kabupaten Berau tahun 2024 di Ballroom Hotel SM Tower Convention.

Ketua KPU Berau, Budi Harianto mengatakan anggota PPK setelah dilantik segera berkoordinasi dengan unsur pemerintahan di Kecamatan, Polsek, Koramil, Tokoh Masyarakat dan Adat agar terciptannya tahapan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Berau 27 November mendatang.

“Karena kita tidak sanggup melaksanakan pemilihan ini jika tidak didukung sepenuhnya oleh unsur yang ada di Kabupaten Berau. Setelah ini banyak tugas yang menanti bapak ibu sekalian,” ucapnya Kamis (16/5/2024)

Sambung Budi, mulai besok Jumat (17/5/2024) masuk tahapan tertulis untuk anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Berau dan berharap PPK setelah dilantik hari ini untuk membantu Sekretariat KPU dalam melaksanakan tes tertulis.

Baca Juga :  Galak Berau Minta Perusahaan dan Pemerintah Perhatikan Tenaga Kerja Lokal

“Untuk bimtek sendiri nanti kita akan jadwalkan setelah tahapan perekrutan PPS selesai. Jadi tidak ada perbedaan bagi kawan-kawan. Baik PPK lama maupun PPK baru dalam menjalankan tahapan ini,” jelasnya.

Sebab menurutnya PPK yang sudah dilantik hari ini merupakan pilihan terbaik diantara orang-orang terbaik yang ikut tes seleksi PPK sehingga harus bisa menyesuaikan dan melaksanakan seluruh tahapan berintegritas sampai selesai.

“Fakta integritas yang nantinya akan ditandatangani masing-masing PPK. Merupakan janji-janji yang harus kawan-kawan PPK laksanakan. Ada 11 poin saya yakin jika kawan-kawan sudah melaksanakan visi dari janji pakta integritas tersebut bisa dilaksanakan. Tidak ada orang yang protes kita,” bebernya.

Terutama kata dia tidak ada Perselisihan Hasil Pemilu (PHPU) Kepala Daerah pada akhir tahapan hingga minim terjadinya peserta protes kepada KPU Berau.

“Oleh karena itu fakta integritas saya minta kepada teman-teman PPK dan PPS cetak dan tempel di meja teman-teman sekalian. Di sana ada 11 poin yang merupakan pokok tugas-tugas kita agar pelaksanaan Pilkada bisa sukses sampai selesai,” terangnya.

Baca Juga :  Sultan Gunung Tabur Adji Bachrul Hadie Tutup Usia

Senada dengan hal itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Berau, Muhammaid Said mengimbau kepada PPK yang telah dilantik bisa menjalankan amanah masyarakat dengan sebaik-baiknya.

“Kami sangat mendukung yang dilakukan oleh teman-teman KPU karena ini adalah bagian proses yang kita harus lakukan terlepas siapapun yang terpilih itu bagian dari kehendak tuhan maha esa,” tuturnya.

Said sapaan akrabnya juga tidak ingin selama proses pemilihan kepala daerah setiap 5 tahun sekali tersebut bisa berdampak pada rasa persaudaraan sesama warga di Kabupaten Berau.

“Apalagi alhamdulillah di Kabupaten Berau temasuk salah satu daerah yang cukup istimewa karena di banding daerah lain kita punya dua kesultanan yaitu Sultan Sambaliung dan Sultan Gunung Tabur mereka adalah orangtua kita. Jadi kalau ada persoalan-persoalan kirannya dapat memberikan dan merujuk kepada orangtua kita karena mereka symbol pemersatu kita,” tuturnya.

Baca Juga :  Pemkab Berau Siap Buka Seleksi CPNS 2024

Terutama jangan sampai terjadi perpecahan di Kabupaten Berau karena perbedaan masing-masing calon kepala daeah atau tim pemenangan semua ingin paling utama bahkan jangan sampai awal dari proses demokrasi ini bisa tercoreng karena ada Tindakan anarkis.

“Kita berharap partisipasi dukungan sepenuhnya dari semua stakeholder yang ada mulai dari aparat hukum baik teman-teman kejaksaan, kepolisian kemudian TNI, kemudian aparatur pemerintahan baik di Kecamatan atau Lurah mampu menyukseskan kegiatan ini secara maksimal dan bertanggung jawab,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2946 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *