Dinding Penahan Sungai Islamic Center Mulai Dirancang

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR-Perkim) Provinsi Kalimantan Utara, akan merancang dinding penahan sungai Islamic Center pada tahun ini.

Kepala Dinas PUPR-Perkim Kaltara, Helmi menjelaskan, Provinsi Kalimantan Utara khususnya di Kabupaten Bulungan, merupakan daerah yang akan terus berkembang dengan dibangunnya fasilitas-fasilitas umum yang dapat di manfaatkan oleh masyarakat.

Salah satunya rencana pembangunan Islamic Centre di Tanjung Buyu, Kecamatan Tanjung Palas Tengah. Guna pengamanan aset-aset fisik tersebut yang ada di sekitar sungai dari dampak runtuhnya tebing sungai.

Baca Juga :  Pembangunan Jalan Ring Road Tarakan Tumbuhkan Perekonomian Masyarakat

“Oleh karenanya Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Permukiman Provinsi Kalimantan Utara, akan mengadakan pembangunan pelindung tebing sungai,” jelasnya, Kamis (9/5/2024).

“Dan agar pembangunan fisik dapat berjalan efektif tepat sasaran dan tepat guna baik secara teknis dan non teknis, maka diperlukan kegiatan Perencanaan inding Penahan Sungai Islamic Center Provinsi Kalimantan Utara di Bulungan,” sebut Helmi.

“Perencanaan tersebut dilakukan pada sungai yang menjadi aset dan kewenangan Provinsi Kalimantan Utara,” imbuhnya melanjutkan.

Baca Juga :  Pembangunan Jalan Ring Road Tarakan Tumbuhkan Perekonomian Masyarakat

Pekerjaan Perancangan Dinding Penahan Sungai Islamic Centre dimaksudkan untuk menyiapkan rencana/desain fisik bangunan pelindung tebing sungai yang dilengkapi dengan gambar desain dan rencana anggaran biaya (RAB), agar dapat digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan fisik.

Adapun, tujuannya untuk mewujudkan dokumen rencana/desain fisik bangunan pelindung tebing guna menjaga penampang sungai baik pada tebing maupun badan sungai/kali terhadap gejala meander/sedminetasi dan gerusan lokal yang disebabkan arus banjir serta penanganan terhadap yang longsor.

“Sasaran pekerjaan ini untuk menyediakan acuan desain baik secara teknis dan non teknis bagi kontraktor pelaksana fisik/pembangunan pelindung tebing sungai yang siap di tenderkan; mengamankan lingkungan sungai di sekitar Islamic Center; mengamankan masyarakat dan fasilitas umum sekitar sungai dari ancaman bahaya longsoran tebing sungai,” pungkasnya.(adv)

Baca Juga :  Pembangunan Jalan Ring Road Tarakan Tumbuhkan Perekonomian Masyarakat

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2920 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *