161 Calon Jemaah Haji Berau Berangkat 3 Juni

benuanta.co.id, BERAU – Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Berau pada tahun ini terjadi peningkatan dari tahun lalu 150 jemaah dan kini menjadi 161 jemaah.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Berau, Aji Mulyadi mengatakan, daftar tunggu haji di Berau selama kurang lebih 32 tahun.

“Namun saya tidak menyebutkan secara detail terkait berapa jumlah daftar tunggu yang ada. Tapi kami sangat bersyukur ada penambahan kuota tahun ini. Mudah-mudahan penambahan itu terjadi pada tahun-tahun berikutnya,” ungkapnya, Selasa (30/4/2024).

Lanjutnya, yang berangkat tahun ini jemaah yang telah menunggu selama 11 hingga 12 tahun lamanya.

“Sedangkan usia rata-rata para jemaah berada di atas 50 tahun dan telah melewati tes kesehatan yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau,” ucapnya.

Baca Juga :  Perluasan Kesempatan Kerja di Berau lewat Pelatihan Tata Boga

Disebutnya, dari total 161 jemaah yang berangkat sudah termasuk petugas haji daerah (PHD). “Jumlah PHD setiap tahun sama yakni dua orang,” ujarnya

Selanjutnya, adapun jemaah lanjut usia (Lansia) yang rencananya diberangkatkan tahun ini sebanyak 7 orang, sayangnya 3 di antaranya tidak bisa berangkat karena satu dan lain hal.

“Kalau untuk jemaah regulernya kita dapat kuota sebanyak 150 orang. Ditambah PHD dan lansia tadi,” bebernya.

Untuk tiga orang yang gagal berangkat tersebut, kewenangan akan dikembalikan ke pemerintah pusat.

“Kita tidak dapat menunjuk orang lain untuk menggantikannya, nanti pusatlah yang akan menentukan siapa pengganti kuota yang hangus itu,” tuturnya.

Biasanya kata Aji, kuota tersebut akan dilarikan ke daerah lain yang membutuhkan CHJ kloter tersebut.

Baca Juga :  Sultan Gunung Tabur Adji Bachrul Hadie Tutup Usia

“Jadi kami tidak bisa mengubah sembarangan, ada regulasi yang sudah mengatur itu,” imbuhnya.

Pihaknya juga sudah melakukan rapat terkait keputusan pembagian kloter secara khusus di Kabupaten Berau nanti masuk dalam kloter 15 dan gelombang kedua.

“Yang mana akan bergabung dengan jemaah dari Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sebanyak 59 orang, Kutai Barat (Kubar) 86 orang, Mahakam Ulu 13 orang, dan Berau 161 orang. Jadi total secara keseluruhan sebanyak 319 jemaah dan 5 orang petugas kloter, totalnya sebanyak 324 orang,” urainya.

Aji mengatakan, jemaah haji Kabupaten Berau akan berangkat atau masuk asrama pada 3 Juni nanti, embarkasi di Balikpapan.

“Kemudian pada 4 Juni akan terbang menuju Jeddah. Karena Berau masuk gelombang kedua, maka jemaah haji kloter 15 berangkat dari Tanah Air menuju Jeddah,” paparnya.

Baca Juga :  77 Kampung di Berau Diberikan Dana Karbon

Setelah itu kata dia CJH menuju Mekkah, kemudian akan kembali lagi ke Tanah Air pada 15 Juli 2024 untuk embarkasi di Balikpapan.

“Mudah-mudahan seluruh jemaah haji tahun 2024 di Kabupaten Berau dapat berangkat dalam kondisi yang baik,melaksanakan ibadah dengan baik dan benar sesuai dengan syariat, serta kembali ke Tanah Air dalam keadaan sehat,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie
Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2934 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *