Peluang PKS, Demokrat, Gerindra Kembali Berkoalisi Terbuka di Berau

benuanta.co.id, BERAU – Badan Pembina (BP) Organisasi, Keanggotaan dan Kelembagaan (OKK) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Berau, Falentinus Keo Meo, mengatakan, kalau Demokrat, PKS dan Gerindra koalisi ‘Jadi Barang’.

Menurutnya, Demokrat saat ini menjadi dermaga pertemuan semua partai besar perebut kursi parlemen di “Bumi Batiwakkal” pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 lalu.

Sebab proses politik pencarian tiket untuk tampil dalam kontestasi pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun ini yang secara resmi mengembalikan formulir penjaringan bersamaan ialah DPD PKS dan DPC Gerindra Berau terjadi pada hari Senin (22/4/2024) lalu.

Diketahui, dua partai tersebut merupakan partai yang punya sejarah kemenangan saat berkoalisi, khususnya pada momentum pemenangan pasangan Sri Juniarsih dan Gamalis, dengan tagline ‘Ragam Pesona Berau’ 2020 lalu.

Baca Juga :  Perluasan Kesempatan Kerja di Berau lewat Pelatihan Tata Boga

Bahkan saat itu tergabung lima partai pengusung pasangan tersebut, di antaranya PKS, PPP, Demokrat, Gerindra, PAN, PKB dan Gelora.

“Sejarah kemenangan bisa saja terulang,” sambung Bang Falen, sapaan akrab Falentinus Keo Meo, kala hadir dalam agenda pengembalian formulir di kantor DPC Demokrat, Jalan APT Pranoto, beberapa waktu lalu kepada awak media.

Ia menyampaikan bila koalisi tersebut terbangun antara 3 partai yang saat ini sudah bertemu dengan partai berlogo ‘Mercy’ tersebut, tiket otomatis akan dikunci untuk mengantarkan pasangan yang bakal menemani Sri Juniarsih yang diusulkan PKS.

Bahkan Falentinus menyampaikan bila 20 persen ambang batas di Berau yaitu 6 kursi dari total 25 kursi, maka raihan kursi dari PKS 4 kursi, Demokrat 2 dan Gerindra 4 dianggap sudah cukup untuk mengantarkan pasangan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Berau pada hari pendaftaran calon pada Agustus mendatang.

Baca Juga :  Stok Blanko e-KTP di Berau Aman

“Kalau ini koalisi, ‘Jadi Barang’,” tutur Bang Falen, yang disambut riuh tawa para hadirin dalam konferensi pers tersebut.

Falen yang saat ini juga masih aktif di kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Berau, menyampaikan pihaknya bakal berupaya mengakomodir keseriusan para partai yang telah mengembalikan formulir untuk ditindaklanjuti ke pertemuan dengan DPD Demokrat pada akhir April.

“Setelahnya, berkas yang sudah dikumpulkan tersebut bakal menjadi acuan DPP Demokrat untuk mengeluarkan rekomendasi dukungan pasangan calon (paslon) Demokrat Berau. Nanti akan ditindaklanjuti oleh Ketua Tim Penjaringan Hardiansyah,” ucapnya.

Baca Juga :  77 Kampung di Berau Diberikan Dana Karbon

Sementara itu, Ketua DPC Gerindra Berau, Jakariya, menyatakan siap diposisikan dimanapun, baik bakal calon bupati atau wakil bupati yang diusung dalam koalisi.

“Terpenting, Gerindra menyatakan kesiapan dalam memenuhi semua persyaratan dalam koalisi yang dibangun masing-masing partai nantinya.

“Saya siap apapun keputusannya. Kami selalu berada dalam barisan pemerintahan bila kontestasi berakhir,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2920 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *