SO2 Letusan Gunung Ruang Tak Berdampak pada Cuaca di Kaltara

benuanta.co.id, TARAKAN – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menegaskan Sulfur Dioksida atau SO2 dari letusan Gunung Ruang tidak mempengaruhi cuaca di Kalimantan Utara (Kaltara).

Kepala BMKG Kota Tarakan, M. Sulam Khilmi, mengatakan SO2 merupakan partikel ringan yang berada diketinggian di atas 10 kilometer sehingga tidak berpengaruh terhadap air hujan.

Namun dia menyebut intansi yang memiliki kewangan merilis hal itu, yakni Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Baca Juga :  Sukses Bentuk DRPPA di Kaltara, DPPPA Raih Penilaian Sempurna dari Kementrian

“Secara garis besar SO2 itu partikel yang ringan. Jadi ketinggiannya di atas 10 kilometer. Artinya tidak sampai di bawah awan-awan hujan,” ujarnya.

Sebelumnya, saat peristiwa letusan terjadi BMKG sangat menghawatirkan dampak letusan untuk maskapai penerbangan. Di mana abu vulkanik dapat merusak mesin pesawat sehingga menganggu penerbangan.

“Kalau ukuran (abu) lebih besar dari ketentuan penerbangan tentu akan menyebabkan gangguan pada mesin pesawat. Makanya beberapa waktu lalu kami cek tidak ada pengaruhnya di Kaltara,” ungkapnya.

Baca Juga :  Gubernur Dukung dan Restui PWI Kaltara Mengikuti Porwanas 2024 di Banjarmasin

Ia menegaskan cuaca yang terjadi belakang di Kaltara, tidak ada kaitannya dengan S02 akibat letusan Gunung Ruang. Sejak 16 April pun pihaknya telah merilis cuaca di Kaltara seminggu ke depan sebelum terjadi letusan gunung Ruang. Dari rilis tersebut, wilayah Kaltara memang diperkirakan terjadi potensi hujan ringan, sedang dan lebat.

“Kembali lagi saya sampaikan tanggal 16 seminggu ke depan Kaltara berpotensi hujan sedang hingga lebat. Di Tarakan inikan cuacanya emang tidak merata ya, hujannya parsial. Namun sebagian wilayah Kaltara Malinau tanjung Selor itu memang dominan hujan seminggu ke depan,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Terumbu Karang di Kaltara Dinilai Potensial

Reporter: Sunny Celine

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2637 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *