BMKG Tanjung Harapan : Waspada Potensi Hujan Sedang hingga Lebat

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Harapan mengeluarkan perkiraan cuaca waspada terhadap potensi hujan sedang hingga lebat, yang dapat disertai badai guntur dan angin kencang pada sore dan malam hari pada Ahad (20/04/2024).

Diterangkan Forcester BMKG Tanjung Harapan, Sylvi Yulianti wilayah Bulungan, beberapa di antaranya yang berpotensi hujan sedang hingga lebat, yaitu Kecamatan Peso, Peso Hilir, Sekatak, Tanjung Palas, Tanjung Palas Barat, Tanjung Palas Tengah, dan Tanjung Palas Utara.

Baca Juga :  Jelang Pilkada, Bawaslu Kaltara Awasi Pemutakhiran Data Pemilih 

“Sedangkan di Tana Tidung, hujan diprakirakan terjadi pada sore sekira pukul 17.00 Wita hingga malam hari di Betayau, Muruk Rian, Sesayap, dan Sesayap Hilir,” katanya.

Begitu pula di Malinau akan turun hujan pada petang. Termasuk di Kayan Selatan, Malinau Bara Malinau, Malinau Selatan, Malinau Selatan Hilir, Malinau Selatan Hulu, Malinau Utara, Mentarang, Mentarang Hulu, Pujungan, Sungai Boh, Sungai Tubu dan sekitarnya.

Sylvi Yulianti menyebutkan, hujan juga berpotensi terjari di Tarakan, sebagian Nunukan dan Bunyu pada Minggu petang dan malam hari.

Baca Juga :  Jelang Pilkada, Bawaslu Kaltara Awasi Pemutakhiran Data Pemilih 

Tak hanya hujan, BMKG Tanjung Harapan juga memprakirakan gelombang laut masih cukup tinggi, meski sudah mulai melandai dibanding beberapa hari sebelumnya. Yaitu dengan ketinggian antara 0,5 – 1,25 meter.

Arah angin Barat Laut- Timur Laut, 4 – 20 knots. Sementara di periran bagian barat Laut Sulawesi, Arah angin Barat Laut- Timur Laut, 8 – 20 knots. Tinggi gelombang 1,5 – 2,5 meter.

Atas kondisi ini, BMKG mengimbau masyarakat diimbau untuk berhati-hati dan waspada. Utamanya yang dalam perjalanan. Waspadai juga genangan air dan potensi tanah longsor.

Baca Juga :  Jelang Pilkada, Bawaslu Kaltara Awasi Pemutakhiran Data Pemilih 

Dalam rilisnya juga, BMKG Tanjung Harapan menginformasikan prakiraan cuaca di objek wisata yang ada di Bulungan pada Sabtu dan Minggu ini. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1948 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *