Jumlah Pendatang Tiba di Bandara Kalimarau Meningkat 24 Persen

benuanta.co.id, BERAU – Jumlah penumpang atau warga pendatang tiba di Bandara Kalimarau tahun ini mengalami kenaikan yaitu sebesar 24 persen atau sebanyak 8.660 orang

“Jumlah penumpang di tahun 2024 yaitu sebanyak 8.660 penumpang. Mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yang hanya 6.976 penumpang,” kata Kepala Kantor Badan Layanan Umum UPBU Kelas I Kalimarau, Ferdinan Nurdin, Jumat (19/4/2024).

Dikatakannya, kenaikan terjadi karena kehadiran pesawat Narrow Body yang beroperasi di Bandara Kalimarau. Diketahui, pesawat tersebut memiliki kapasitas penumpang yang lebih besar, sehingga daya anggkut pesawat mengalami peningkatan.

Baca Juga :  Terungkap! F dan S Simpan Sabu 6 Kg di Semak-Semak Hutan Pulau Kakaban

“Hadirnya pesawat Narrow Body dengan penerbangan langsung mengakibatkan terjadinya penurunan harga tiket. Untuk data penumpang hilir mudik yaitu sebanyak 13.097 penumpang, mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yaitu 11.173 penumpang,” ucapnya.

Adapun total pesawat yang berangkat pada tahun ini dengan tujuan Surabaya, Jakarta, Balikpapan, dan Samarinda yaitu sebanyak 102 pesawat. Hal ini ia menyebutkan mengalami penurunan dari tahun sebelumnya dengan jumlah 103 pesawat.

“Yang beroperasi di Bandara Kalimarau pada tahun 2023 hanya dilayani menggunakan ATR, sedangkan pada tahun 2024 terdapat penambahan jenis pesawat yang beroperasi yaitu jenis B737/A320 yang dioperasikan oleh Maskapai Batik Air,” ungkapnya.

Baca Juga :  Dianggap Sebagai Beban Keluarga Jadi Motif Ibu dan Adik Kandung Nekat Habisi Nyawa EJ

Lanjut Ferdinan, untuk pengiriman cargo di Bandara Kalimarau pada tahun ini mengalami penurunan yaitu sebesar 4.041 kilogram.

“Hal ini disebabkan tarif pengiriman barang melalui transportasi udara yang tidak kompetitif dibandingkan dengan transportasi darat dan laut,” tuturnya.

Untuk itu, pihaknya bekerjasama dengan Konsolidor Ekspor dalam pengoperasian maskapai kargo guna meningkatkan produksi pengiriman kargo dari Berau dengan memberikan pelayanan pengiriman yang lebih kompetitif.

Baca Juga :  PGSI Berau Minta Insentif Guru Swasta Naik dan Bantu Perbaikan Bangunan Sekolah

“Tentunya kami memberikan kemudahan, kecepatan, dan kepastian dalam pelayanan kargo dari Bandara Kalimarau,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2871 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *