Momen Lebaran, 13 Ribu Penumpang Padati Pelabuhan Malundung 

benuanta.co.id, TARAKAN – Sebanyak 13.954 penumpang memadati Pelabuhan Malundung Kota Tarakan selama arus mudik dan balik momen Idulfitri 1445 H atau tahun 2024. Tercatat jumlah penumpang yang tiba sebanyak 4.827 penumpang pada H+5 lebaran, sementara pada penumpang yang berangkat sebanyak 9.127 penumpang.

“H+5 itu untuk arus balik, pada puncak arus mudik itu pada 5 April atau H-5 sebanyak 1.584 penumpang. Kalau puncak arus balik kita juga masih tunggu sore ini,” ujar Ketua Posko Terpadu Angkutan Lebaran Pelabuhan Malundung, Ali Aminuddin Hamid, Kamis (18/4/2024).

Baca Juga :  CJH Anggap Delay Salah Satu Ujian Kesabaran dalam Menjalankan Ibadah

Ia melanjutkan pada hari sore kemarin terdapat satu kapal yang tiba diperkirakan berjumlah 1.000an penumpang. Pada presentase diperkirakan jumlah penumpang pada momen lebaran 2024 sebesar 9 persen.

“Meningkat sebesar 9 persen hingga 16 April 2024 ini. Sementara prediksi awal kita itu menurut Pelni 5 persen, artinya melebihi tapi ini belum final karena posko sampai 26 April 2024. Bisa naik bisa turun,” bebernya.

Terdapat pula peningkatan pada jumlah kapal yang beroperasi selama momen Idul Fitri yakni naik sebanyak 4 kali lipat atau sebanyak 60 kali beroperasi. Pada 2023 sebanyak 21 kali operasi.

Baca Juga :  Soal Tuntutan TKBM, KSOP Tarakan Setujui dan Pastikan Cari Solusinya

Disisi lain, puncak keberangkatan juga turut terjadi untuk rute internasional Tarakan-Tawau pada H-1 lebaran.

“Yang berangkat dan yang datang itu hari biasanya 20an penumpang saja. Karena momen itu datanya 100an penumpang. Arus balik juga masih banyak dari Malaysia,” imbuhnya.

Disinggung soal kendala selama momen mudik Lebaran 2024, disebutkan Ali masih terdapat banyak temuan pada calo. Namun, pihaknya tak berwenang untuk mengatasi persoalan pembelian tiket yang tidak pada tempatnya. Menurutnya, banyak penumpang yang masih terperdaya dari calo tersebut.

Baca Juga :  140 Umat Buddha Tarakan Rayakan Waisak 2568 BE di Vihara Vajra Bhumi Dwipa

“di H-5 itu banyak sekitar 200 penumpang, pengakuannya sudah beli tapi tidak dapat tiket. Tapi itu bukan kewenangan kita, untungnya tidak sampai ribut,” pungkasnya.(*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2847 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. Hidup subur calo kalo musim mudik. Sampe2 bantal dan tempat tidur juga disewa dalam kapan. Makan didalam kapal juga kurang asupan gizi. Ada tiga hal yaitu, safety, security, dan level of service mesti ditingkatkan..