Arus Balik di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan Meningkat

benuanta.co.id, NUNUKAN – Arus balik lebaran Idulfitri 1445 H melalui armada laut di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan mengalami peningkatan.

Kepala Pelni Cabang Nunukan, Junarto mengatakan, peningkatan jumlah penumpang sudah terlihat dari penumpang KM Lambelu yang berlabuh di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan pada Ahad (14/4/2024) malam.

“Tadi malam KM Lambelu berlabuh, untuk jumlah penumpang yang turun ke Nunukan ada sebanyak 748 orang, sementara penumpang ada sebanyak 777 orang,” kata Junarto kepada benuanta.co.id, Senin (15/4/2024).

Baca Juga :  Kemenko Polhukam Fokus Penyelesaian Garis Batas Wilayah Indonesia-Malaysia di Sebatik

Sementara itu, untuk penumpang yang berlayar dari Pelabuhan Tunon Taka diakuinya mengalami peningkatan.

Jika keberangkatan kapal sebelum hari raya Idulfitri sekitar 1.200 penumpang, tadi malam ada sekitar 1.558 orang yang bertolak dari Nunukan menggunakan kapal laut.

“Tadi malam, KM Lambelu tiba sekira pukul 20.00 Wita dan bertolak dari Pelabuhan Tunon Taka Nunukan dengan tujuan Pelabuhan Balikpapan, Pare-pare dan Makassar,” ungkapnya.

Baca Juga :  Diduga Karena Kompor Meledak, Cafe di Sebatik Terbakar 

Meski diakuinya mengalami peningkatan, namun Junarto mengatakan jika jumlah tersebut tidak melebihi kapasitas angkut kapal Pelni.

“Tidak melebihi kapasitas, tapi selama arus mudik dan balik ini dari Kementerian Perhubungan memberikan dispensasi, jadi ada tambahan seat sebanyak 50 persen,” ungkapnya.

Dibeberkannya, untuk kapasitas sebelum adanya tambahan seat yakni memuat 1.995 penumpang. Namun, setelah ada ada tambahan 50 persen maka kapal bisa angkut 2.969 orang.

Baca Juga :  Sambut Waisak, Umat Buddha di Nunukan Gelar Fang Shen

“Tanggal 17 April mendatang ini, ada kapal KM Bukti Siguntang masuk, kemudian tanggal 20 April kapal Lambelu masuk jdi kita prediksi akan ada peningkatan penumpang,” pungkasnya.(*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2871 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *