Bappeda Litbang Kaltara Dorong Industri Masyakarat Sebagai Rencana Prioritas

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Kaltara, rencana prioritas di tahun 2024 lebih kepada hilirisasi.

Hal itu dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Bappeda Litbang Kaltara Bertius, sesuai dengan tema di Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2024 pihaknya mendorong pertumbuhan home industri di masyakarat yang memiliki keunggulan, sehingga bisa memastikan bahwa masyakarat kesejahterannya meningkat.

“Kita belajar dari covid beberapa tahun yang lalu, ternyata yang kuat itu justru adalah industri rumahan,” ucapnya, Sabtu (5/4/2024).

“Oleh karena itu kita mendorong industri rumahan agar bisa jadi produk unggulan di Kaltara,” ucapnya lagi.

Adapun industri rumahan seperti Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) untuk didorong agar lebih berkembang, seperti permodalan serta kredit usaha rakyat dan bantuan dari pemerintah, hal ini dalam rangka mengerakkan sektor ekonomi di lapisan masyakarat.

“Sementara kalau industri besar investasinya saya yakin secara utuh, sudah ada porsinya oleh para investor seperti di KIPI dan lainnya sebagai. Tapi di level masyarakat itu yang di yang intervensi oleh pemerintah,” terangnya.

Adapun yang sudah dilaksanakan terkait hilirisasi bisa dilihat dari ukuran UMKM yang ada seperti Dekranasda, batik, pangan lokal yang saat ini termanfaatkan dengan baik.

“Yah memang ada kekurangan sana sini, tapi itu saya pikir dinamika. Tapi pemerintah baik provinsi maupun kabupaten/kota akan mencermati,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2914 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *