Mudik Lebaran 2024, Bandara Juwata Tarakan Sediakan 10 Flight per Hari

benuanta.co.id, TARAKAN – Bandar Udara Internasional Juwata Tarakan melakukan gelar apel petugas gabungan untuk Posko Angkutan Lebaran 2024, pada Rabu, 3 April 2024, sore.

Petugas yang akan siaga di Posko Angkutan Lebaran di Bandara Juwara merupakan gabungan dari instansi KKP Tarakan, Basarnas Tarakan, TNI/Polri, Dinas Perhubungan, Air Navigasi dan BMKG Tarakan.

Kepala BLU Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Juwata Tarakan, Bambang Hartato mengatakan, posko akan dimulai sejak 3 hingga 18 April 2024.

“Sekitar 16 hari akan kita laksanakan pengamanan posko ini, harapannya supaya penumpang dapat berjalan dengan aman dan selamat,” katanya, Rabu (3/4/2024).

Baca Juga :  Pemkot Beri Seminggu untuk Kosongkan THM bagi Tenant yang Tidak Menyewa

Ia melanjutkan, adapun Posko Angkutan Lebaran nantinya akan melayani masyarakat berkenaan dengan informasi penerbangan, cuaca, fasilitas kesehatan dan keamanan dari TNI Polri.

Dijelaskan Bambang, dalam momen mudik Lebaran terdapat extra flight dari maskapai Lion Group sebanyak 3 flight tujuan Makassar, Surabaya dan Tarakan. Sementara untuk penerbangan biasa, terdapat 7 flight.

“Total ada 10 flight. Mulai dari pagi, kita persiapan check in itu jam 04.00 WITA, boarding pertama jam 05.30 WITA. Pagi itu ada 4 pesawat yang standby,” jelasnya.

Baca Juga :  DPMPTSP Targetkan Investasi di Tarakan Capai Rp 13 Triliun Tahun Ini

Soal prediksi lonjakan penumpang, pihaknya memperkirakan akan terjadi pada 6 April 2024 mendatang. Lantaran, pada waktu tersebut sudah mulai cuti untuk momen Lebaran. Terdapat pula prediksi kenaikan sebesar 40 persen dibandingkan hari biasanya.

“Saat ini kenaikannya sudah terlihat, apalagi sejak dibukanya extra flight itu sudah on slot semua,” tukasnya.

Koordinasi ke maskapai juga terus dilakukan oleh pihaknya. Terlebih soal keselamatan penumpang saat penerbangan. Pada pekan lalu, seluruh maskapai juga sudah diinspeksi berkaitan dengan harga tiket, pelayanan, keamanan dan SDM. Pun dengan ramp check dari Direktorat Kelaikan Udara juga terus dilakukan.

Baca Juga :  Seleksi Sekolah Kedinasan di Tarakan Sepi Peminat

“Kita terus koordinasi, hasil ramp checknya Alhamdulillah tidak ditemukan hasil yang melanggar batas kewajaran. Semuanya (pesawat) dalam kondisi aman,” pungkas Bambang.(*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2703 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *