Arus Mudik Idul Fitri, Gubernur Imbau Tidak Ada Speadbood Over Kapasitas

benuanta.co.id, NUNUKAN – Jumlah penumpang arus mudik lebaran 1445 Hijriah/2024 Masehi di Kalimantan Utara (Kaltar), diperkirakan melonjak drastis.

Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang, menegaskan kepada aparat yang terkait dalam hal ini Dinas Perhubungan agar memperhatikan tempat-tempat penyeberangan orang agar menaati ketentuan muatan spedboad.

“Kalau kapassitas 15 orang harus itu yang di muat, jangan di muat sampai 20 orang lagi,” tegasnya.

Jika melihat suasana di laut Kaltara ombak  cukup tinggi, ia berharap peringatan imbauan itu dapat ditaati para pelaku pelayaran agar tidak menimbulkan kecelakaan laut.

“Kita tidak tau musibah, tetapi jika kita mencegah, kita bisa menghindari musibah itu,” kata Zainal, kepada benuanta.co.id, Kamis 4 April 2024.

Dia berharap jika kapasitas spedbood tidak dipaksakan. Sebab, menurutnya hal itu dapat berbahaya bagi keselamatan.

Sementara puncak arus mudik dan balik di Kaltara diperkirakan terjadi sejak H-5 hingga H+3 Hari Raya Idul fitri. Penumpang yang bisa berangkat hanyalah penumpang yang telah membeli tiket, sesuai kapasitas speed boat.

Terkait keselamatan berlayar tidak ada yang melebihi kapasitas. Nanti pihaknya akan menempatkan petugas, untuk melakukan pengecekan. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2914 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *