Operasi Ketupat Kayan 2024, Polres Nunukan Siapkan Pos Pengaman dan Pelayanan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Kepolisian Resor (Polres) Nunukan menggelar operasi terpusat Ketupat Kayan di lapangan apel Tribrata Polres Nunukan, Rabu, 3 April 2024. Operasi ini bertujuan untuk memastikan arus mudik hari raya Idulfitri berjalan aman dan lancar.

Kapolres Nunukan AKBP Taufik Nurmandia mengatakan, apel gelar pasukan yang dilaksanakan untuk memastikan kesiapan personel Polres Nunukan bersama dengan stakeholder terkait dalam melakukan pengamanan selama arus mudik hingga arus balik hari raya Idulfitri.

“Untuk operasi ini akan berlangsung mulai tanggal 4 hingga 16 April mendatang,” kata Taufik kepada benuanta.co.id, Rabu (3/4/2024).

Baca Juga :  Tersandung Kasus Pelanggaran Keimigrasian, Dua WNA Malaysia Divonis Penjara

Sementara itu, dalam rangka pelayanan dan pengamanan utamanya pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian pihaknya akan siapkan belasan Posko.

Taufik mengatakan, adapun 14 pos yang akan disiapkan terdiri dari 2 Pos pengamanan dan 12 Pos pelayanan. Dengan adanya pos-pos tersebut diharapkan mampu memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal kepada masyarakat.

Nantinya, setiap pos tersebut akan diisi oleh personel dari Polres Nunukan, TNI, BPBD, PMK, Dinas Perhubungan, Satpol-PP, PMI dan instansi terkait lainnya. Sementara itu, dari Polres Nunukan sendiri akan menurunkan sekitar 59 personel yang nantinya akan bergabung dengan personel gabungan.

Baca Juga :  Siap Amankan Pilkda, AKBP Bonifasius Rumbewas Jabat Kapolres Nunukan

“Personel akan melakukan pengawasan seperti masyarakat yang akan melaksanakan mudik melalui pelabuhan maupun bandara, kemudian tempat-tempat ibadah, pasar-pasar tradisional, toko-toko yang mana tentunya akan ramai lantaran belanja kebutuhan lebaran, perbankan, SPBU dan beberapa titik keramaian lainnya kita prioritaskan pengamanannya,” ungkapnya.

Taufik menyampaikan, personel yang melakukan operasi ketupat Kayan harus masyarakat dapat mengetahui informasi yang dibutuhkan melalui berbagai saluran komunikasi, sehingga dapat merencanakan perjalanannya dengan nyaman.

Baca Juga :  Tiga Pelajar Nunukan Wakili Kaltara di Ajang FLS2N 2024

“Upaya-upaya seperti ini kita harapkan dapat berjalan optimal, sehingga masyarakat dapat merasakan mudik aman, ceria, penuh makna. Kita juga berharap momentum hari raya Idulfitri ini dapat menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi, persatuan, dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat,” pungkasnya. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2703 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *