PDI Perjuangan Bersyukur Bisa Menang Pileg Tiga kali Berturut-turut

Jakarta – PDI Perjuangan bersyukur masih bisa menang pileg tiga kali berturut-turut meskipun partai berlambang banteng moncong putih itu mengalami gempuran politik pada pelaksanaan Pemilu 2024.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut partai politiknya setelah rapat internal menjadi pemenang Pileg 2024 dengan mengantongi 110 kursi DPR RI.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1892 votes

“DPP PDIP setelah melakukan konsolidasi dengan jajaran DPD dan DPC, kami tentu saja, meskipun ditinjau dari kursi DPR RI perolehan berdasarkan perkiraan sementara adalah 110 kursi DPR RI, kami mengucapkan syukur. Setidaknya, di tengah gempuran yang sangat dahsyat sebagai ujian sejarah PDI Perjuangan kami bisa mempertahankan posisi sebagai pemenang pemilu tiga kali berturut-turut,” kata Hasto dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Baca Juga :  DPP Golkar Kumpulkan Bakal Calon Kepala Daerah se-Indonesia

Menurut alumnus Universitas Pertahanan (Unhan) itu, tidak mudah bagi PDI Perjuangan unggul Pileg 2024 atau menang pemilu tiga kali berturut-turut di tengah terjadi penyalahgunaan kekuasaan.

Pria kelahiran Yogyakarta itu berharap seluruh kader PDI Perjuangan bisa menatap optimistis menyikapi hasil pemilu 2024.

Sebab, kata Hasto, perolehan PDI Perjuangan di tingkat kabupaten atau kota pada Pemilu 2024 mengalami peningkatan dibandingkan 2019.

Baca Juga :  Syarifatul Syadiah Klaim Dapat Mandat Parpol Maju Calon Bupati Berau

Dia mencatat jumlah kursi yang diperoleh PDI Perjuangan di tingkat kabupaten atau kota sebanyak 2.823 kursi atau meningkat 17 kursi dibandingkan pemilu 2019.

“Sehingga, penetrasi dengan berbagai kecurangan hulu dan hilir berpengaruh ke DPR RI dan DPRD tingkat provinsi, bahkan, ketua DPRD dari PDI Perjuangan berdasarkan penghitungan yang ada itu 152 ketua DPRD di tingkat kabupaten kota atau 30 persen, sementara wakil ketua di 157 kabupaten kota,” ujarnya.

Baca Juga :  ZAP Dapat Dukungan dari Komunitas Pemuda Maju di Pilkada Kaltara 2024

Dia mengatakan eksistensi PDI Perjuangan di tingkat kabupaten kota sangat tinggi apabila menghitung potensi parpol berwarna merah itu memperoleh kursi pimpinan DPRD untuk Tingkat II.

“Kalau kami mengukur eksistensi PDI perjuangan di tengah gempuran yang sangat dahsyat di tingkat kabupaten atau kota, ditinjau perolehan wakil ketua dan ketua DPRD, itu eksistensi kami 60 persen terhadap 514,” pungkas Hasto.

 

Sumber : Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *