Gubernur Optimis Realisasi Penggunaan Anggaran Tahun 2024 Lebih Baik dari Sebelumnya 

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Gubernur Provinsi Kalimantan Utara(Kaltara), Zainal Arifin Paliwang tergetkan penggunaan APBD tahun 2024 bisa melebihi target tahun sebelumnya.

Selain untuk meningkatkan dan mempercepat pertumbuhan pembangunan dan nilai ekonomi Kaltara, penggunaan anggaran yang tepat dan sesuai target capaian realisasi juga dianggap oleh Gubernur Kaltara dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat melalui sektor yang belum terlalu kuat.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1973 votes

Dijelaskan oleh Gubernur Kaltara yang akrab disapa Ziap, di tahun 2024 ini dirinya menargetkan penguatan sektor pertanian untuk membuat Daerah Kaltara menjadi Mandiri kebutuhan pangan.

Baca Juga :  Usulan CASN Pemprov Kaltara Disetujui 

Oleh karena itu, baik realisasi anggaran dan bantuan akan difokuskan kepada pembangunan lahan pertanian Kaltara.

“Di tahun lalu kita membuka banyak lahan pertanian baru dan untuk mendorongnya agar produktif tentun dibutuhkan beberapa item lainnya seperti bantuan benih, pupuk dan alat pertania. Sehingga item-item itu akan kita fokuskan untuke membantu para petani baru,” kata Ziap pada Senin, 25 Maret 2025.

Selain itu, kebutuhan energi juga akan menjadi salah satu prioritas dirinya dalam membantu masyarakat kurang mampu di Kaltara. Dimana orang nomor satu di Kaltara itu menargetkan pemberian bantuan sambungan listrik gratis yang lebih banyak dari tahun 2023 lalu.

Baca Juga :  Alat Tangkap Mini Trawl, DKP Kaltara: Sesuaikan Zona Penangkapan

“Kalau di tahun 2023 ada sekitar 500 sambungan listrik yang kita perbantukan dan ditahun ini kita tergetkan seribu bantuan sambungan listrik gratik. Agar dimasa yang aka datang masyarakat kurang mampu tidak lagi mengalami krisis energi listrik,” ujarnya.

Ia menambahkan capaian realisasi itu akan menjadi seimbang jika penyerapan tenaga lokal juga diperbesar. Oleh karena itu, melalui capaian realiasi investasi, Ziap menargetkan adanya penyerapan tenaga lokal yang lebih banyak di Kaltara.

Dah langkah itu pun disiapkan dengan menambah nomibal beasiswa pelajar dan mahasiswa Kaltara serta membuka pelatihan kejuruan bagi pelajar yang tidak ingin menlanjutkan pendidikan di bangku kuliah.

Baca Juga :  Jelang Pilkada, Kabinda Kaltara Beberkan Potensi Besar Hoaks

“Yang mau kuliah akan kita berikan beasiswa, sedangkan yang mau bekerja akan kita siapkan pelatihan dan yang mau bertani akan kita siapkan Sekolag Lapang petani milenial jadi kedepan tidak ada alasan lagi bagi generasi kita untuk tidak produktif,” lanjutnya lagi.

“Makanya sejak beberapa tahun terakhir baik investasi, pedidikan dan pertanian selalu menjadi fokus utama kita dalam membangun SDM,” pungkasnya. (*)

Reporter : Osarade

Editor: Nicky Saputra 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *