Permintaan Meningkat, DPKP Kaltara Pastikan Stok Daging Aman hingga Lebaran

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Meski stok persediaan bahan pokok berupa bawang merah, bawang putih, kedelai dan daging sapi di gudang persediaan belum terlalu banyak, namun Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) tegaskan kalau persediaan empat bahan pokok ini tetap aman hingga lebaran.

Beberapa bahan pokok yang ada di gudang persediaan DPKP Kaltara memang masih terlihat minus, dikarenakan tingginya permintaan pasar dan kurangnya persediaan gudang yang diakibatkan El-Nino.

“Kalau dikatakan kurang memang masih kurang, karena saat ini permintaan dan kebutuhan konsumen lagi tinggi-tingginya. Makanya kita berupaya agar stok yang tersediaan saat ini tetap cukup hingga hari lebaran nanti,” kata Kepala DPKP Provinsi Kaltara, Heri Rudiono pada Ahad, 24 Maret 2024.

Heri menjelaskan saat ini pihaknya sedang berupaya untuk memasukan beberapa bahan pokok luar daerah ke Kaltara, seperti daging sapi yang didorong dapat masuk ke Kaltara.

Selain itu, ada juga kedelai dan bawang merah, bawang putih. Dimana pihaknya sedang menekan kelancaran produksi lokal dan produksi luar daerah.

“Dan semua hal yang kita lakukan ini berjalan dengan lancar saja, karena pemenuhan Sembako dari luar daerah dan lokal juga masih berjalan. Apalagi kita melihat stok di pasar juga tidak pernah kosong,” ujarnya.

“Tinggal bagaimana kita memanajeman stok persediaan kita dengan kebutuhan pasar. Karena tidak bisa dipungkiri juga kalau momentum saat ini memang membuat kebutuhan bahan pokok menjadi tinggi,” jelasnya.

Selain cara-cara tadi, Heri juga melakukan kerja sama dengan pihak Bulog dalam pemenuhan kebutuhan bahan pokok, hingga memberikan bahan pokok yang murah kepada masyarakat Kaltara.

“Mayoritas bahan pokok yang kita jual dalam Gerakan Pangan Murah, semuanya disediakan oleh pihak Bulog. Makanya persediaan bahan pokok kita yang kurang tadi dibantu oleh pihak Bulog, sehingga masyarakat juga tidak perlu khawatir dengan persediaan bahan pokok kita,” pungkasnya.(adv)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2681 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *