Kaltara Sharia Festival Dorong Akselerasi Ekonomi Syariah di Kaltara

Tarakan – Kaltara Sharia Festival (KaSHaFa) merupakan kegiatan rutin tahunan sebagai bagian dari Road to Festival Ekonomi Syariah (FESyar) dan disinergikan dengan National Halal Fair (NHF) 2024 sebagai wadah untuk mengakseklerasi ekonomi syariah di Provinsi Kalimantan Utara. Kashafa tahun 2024 terdiri pre event, event dan post event yang telah dilakukan sebelumnya dengan tagline fesyar.

FESyar merupakan salah satu agenda rutin tahunan nasional Bank Indonesia dalam rangka mendukung peningkatan kapasitas ekonomi dan keuangan daerah yang berbasis syariah yang akan dilanjutkan dengan penyelenggaraan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) yang bertaraf internasional.

Dihadiri oleh Pj Walikota Tarakan, Dr. Bustan, S.E, M.Si serta stakeholder utama lainnya, rangkaian kegiatan Kashafa dibuka oleh Sekretaris Provinsi Kalimantan Utara, Dr. H. Suriansyah, M.AP. “Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara, atas kerjasamanya dalam mendorong ekonomi syariah di Provinsi Kalimantan Utara, salah satunya melalui Kashafa yang disinergikan dengan National Halal Fair ini,” ujar Suriansyah.

Baca Juga :  Angka Prevalensi Stunting di Tahun 2024 Sebesar 14 Persen

Selanjutnya, Suriansyah juga menyampaikan bahwa ekonomi Kaltara tumbuh positif. “Kita patut bersyukur karena ekonomi Kaltara tahun 2023 tumbuh positif 4,94% yoy dan ini merupakan pertumbuhan yang tertinggi kedua se-regional Kalimantan,” beber Suriansyah.

Hal ini sejalan dengan salah satu tujuan diselenggarakannya Kashafa ini. “Kami berharap rangkaian Kashafa dapat menjadi salah satu langkah kita untuk mendorong perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia, khususnya di Kalimantan Utara,” ujar Indra.

Baca Juga :  Inflasi Nunukan Tertinggi di Kaltara

Rangkaian Kaltara Sharia Festival (KaSHaFa) tahun 2024 ini terdiri dari bazaar UMKM Halal, Pojok Sertifikasi halal, business matching pembiayaan syariah bersama perbankan serta layanan penukaran uang dalam bentuk Serambi (Semarak Rupiah Ramadhan dan Idul Fitri) 2024 mulai tanggal 20 Maret hingga puncak acaranya di hari Sabtu, tanggal 23 Maret 2024.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *