Pelatihan Building Information Modeling Sukses Digelar

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR-Perkim) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), sukses melaksanakan Pelatihan Building Information Modeling (BIM).

Kegiatan yang digelar selama lima hari ini berlangsung di Kabupaten Bulungan tersebut, diikuti sekitar 30 peserta dari kalangan umum dengan jenjang pendidikan minimal Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kepala Dinas PUPR-Perkim Provinsi Kaltara, Helmi melalui Kepala Bidang Bina Jasa Konstruksi, Korsiana menjelaskan, pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan juru gambar bangunan yang berkompeten.

Baca Juga :  Pemprov Kaltara Bangun Rumah Singgah di Malinau untuk Masyarakat Lumbis

“Kami sudah melaksanakan BIM, Building Information Modeling, pelatihan soal teknik menggambar dan perhitungan bangunan, semua itu secara komputerisasi,” kata Korsiana, Kamis (21/3/2024).

Ana, sapaan akrabnya berharap peserta pelatihan bisa mengembangkan materi yang didapatkan. Mereka diharapkan bisa mengaplikasikannya dalam pekerjaan di bidang jasa konstruksi.

“Kita berharap apa yang didapatkan selama pelatihan itu bisa diaplikasikan dan dikembangkan,” ujarnya.

Baca Juga :  Pembangunan Gedung Setprov Kaltara Tahap 10 Telah Berjalan

Secara umum, juru gambar bangunan dewasa ini dituntut akrab dengan sistem komputerisasi. Banyak kemudahan dan efisiensi pekerjaan yang didapat ketika menggunakan sistem tersebut.

“Sekarang ini orang mendesain tidak pakai hitungan manual, tapi pakai aplikasi di komputer. Kami harapkan juga seperti itu di Kaltara, karena dengan menggunakan aplikasi bisa lebih cepat hitungannya, lebih akurat lagi,” pungkasnya. (adv)

Baca Juga :  PUPR-Perkim Kaltara Bangun Jembatan Hubungkan Long Bawan-Lembudud-Long Layu

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2636 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *