Penjaringan Calon Kepala Daerah Serentak PKS Dibuka Hari Ini

benuanta.co.id, NUNUKAN – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) buka pendaftaran bakal calon kepala daerah untuk Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kaltara 2024.

Ketua DPW PKS Provinsi Kaltara, Muhammad Nasir mengatakan, pendaftaran tersebut resmi akan dibuka secara serentak hari ini  Rabu (20/3/2024).

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1997 votes

“Insyaallah besok kita akan bukan penjaringan bakal calon Gubernur dan wakil gubernur Kaltara, begitupun dengan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati serta Wali kota dan Wakil walikota se Kaltara,” kata Nasir kepada benuanta.co.id.

Baca Juga :  KPU Bulungan akan Bentuk Badan Ad Hoc Pilkada

Nasir mengatakan, untuk pendaftaran bakal calon Gubernur dan wakil Gubernur akan di buka di DPD PKS yang berada di Kota Tarakan. Sementara untuk pendaftaran bakal calon Bupati dan wali kota akan di buka di masing-masing kantor sekretariat DPD PKS.

Ia mengungkapkan, pendaftaran ini dibuka seluas-luasnya bagi seluruh Putra dan putri terbaik masyarakat Kaltara ataupun tokoh-tokoh dari luar Kaltara yang ingin berpartisipasi mengikuti kontestasi di pilkada Kaltara dengan menggunakan perahu PKS.

“Kami juga membuka kesempatan yang selebar-lebarnya bagi kader dan tokoh PKS yang ingin ikut berpartisipasi pada Pilkada yang akan diselenggarakan pada November 2024 mendatang ini,” ungkapnya.

Nasir menyampaikan, pihaknya membuka pendaftaran di bulan Ramadhan ini dengan harapan ada keberkahan di dalamnya dan seluruh proses penjaringan ini akan menjadi lancar dan bisa menghasilkan bakal calon yang baik yang bisa membangun Provinsi Kaltara lebih baik dan maju lagi.

Baca Juga :  Ambil Formulir, Relawan Hendrik Datangi Markas PDIP

Tak hanya itu, Nasir juga mengaku jika beberapa bakal calon telah menjalin komunikasi, bersilaturahmi dan menghubungi pihaknya terkait pendaftaran bakal calon kepala daerah.

Sementara itu, untuk tahapan yang akan dilaksanakan, Nasir mengatakan setelah membuka penjaringan, pihaknya akan melakukan survei popularitas dan elektabilitas dari seluruh bakal calon yang telah mendaftar.

“Kita juga akan meminta masukan dari para kader dan simpatisan PKS melalui survei internal untuk menyampaikan aspirasinya siapa sosok calon kepala daerah yang diinginkan baik itu bakal calon Gubernur, Bupati maupun Walikota,” jelasnya.

Baca Juga :  KPU Yakin Hasil Pemilu 2024 tidak Akan Berubah

Nantinya, pihaknya akan melakukan penjaringan dengan berbagai jenjang. Selanjutnya berkas-bekas bakal calon yang sudah di godok, akan diserahkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS di Jakarta untuk kemudian diambil keputusan siapa yang akan diusung.

“Tentunya untuk kriteria bakal calonnya sendiri harus mempunyai elektabilitas tinggi yang dibuktikan dengan hasil survei, bakal calon juga harus mempunyai kelayakan baik dari segi intelektual dan moralitas dan yang terpenting mempunyai kemampuan untuk memenangkan kontestasi Pilkada mendatang serta mampu membangun Kaltara menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor : Nicky Saputra 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *