Jakariya Siap Bersaing di Pilkada Berau, Taupan Madjid Pilih Jalur Independen 

benuanta.co.id, BERAU – Tahapan Pilkada belum dibuka, namun antusiasme bakal calon sudah terlihat di Kabupaten Berau. Kalo ini datang dari DPC Partai Gerindra yang menyatakan siap maju sebagai bakal calon Bupati Berau -2024-2029.

Adalah Jakariya, yang kini menjabat sebagai Ketua DPC Gerindra Kabupaten Berau menyatakan siap bertarung pada bursa Bupati Berau.

Gerindra di Berau telah mengantongi 4 kursi parlemen. Tentu ini modal awal bagi partai untuk mendukung jagoannya maju ke Pilkada.

“Gerindra dengan modal 4 kursi, akan maju sebagai calon 01 (calon Bupati) terlebih dahulu. Namun, kita akan melihat perkembangan dinamika politiknya, dan jika memungkinkan akan menjadi calon 02 (wakil bupati) jika calon tersebut adalah incumbent,” ucapnya Selasa (19/3/2024).

Jakariya menegaskan jika partainya memiliki jumlah kursi yang sama atau kurang dari Gerindra, maka partai bergambar burung Garuda itu harus mencalonkan kadernya sebagai calon bupati.

Baca Juga :  Presiden Jokowi berikan fasilitas Golden Visa untuk Shin Tae-yong

“Saat ini Gerindra memiliki 4 kursi, tetapi untuk maju dibutuhkan minimal 6 kursi jadi kita akan cari dan mengusahakan hal itu,” ungkapnya.

Hingga saat ini belum ada partai yang secara resmi merapat ke Partai Gerindra. “Gerindra masih melakukan survei sebelum mencari pasangan partai koalisi untuk maju dalam Pilkada 2024. Yang ada datang dan bersilaturahmi sebelumnya yakni H. Taupan Majid, Ketua KKSS Berau,” bebernya.

Saat ditanya tentang rekomendasi partai untuk majunya dalam Pilkada, Jakariya menjelaskan bahwa meskipun rekomendasi resmi belum diterima, telah ada kesepakatan secara lisan antara DPP dan DPW Gerindra.

“Kesepakatan itu menegaskan bahwa Gerindra akan mengutamakan kader-kadernya, terutama ketua partai, dan saya yakin kita akan mendapatkan rekomendasi tersebut untuk Pilkada di Kabupaten Berau,” pungkasnya.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Sebut Suplai Air Sudah Siap Jelang Berkantor di IKN

Bakal calon Bupati Berau yang digadang-gadang siap bertarung lainnya yakni Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Berau Taupan Madjid. Ia optimis untuk maju pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 lewat jalur independen (perseorangan).

Bahkan kabar tersebut terus menjadi sorotan masyarakat karena bakal bersanding dengan tokoh ketua partai politik kenamaan di Berau seperti Sri Juniarsih Mas dan Jakariya.

Taupan Madjid mengungkapkan, masih mencari partai politik (Parpol) untuk menentukan langkah politiknya ke depan.

“Saat ini saya masih melakukan pertimbangan dan mencari dukungan yang tepat untuk langkah politik saya. Karena bagaimana pun kita harus punya perahu yakni partai,” tuturnya.

“Namun jika ada perahu, saya siap untuk maju jika diminta dan jika survei politiknya menunjukkan dukungan yang kuat dari masyarakat,” tambahnya kepada benuanta.co.id.

Baca Juga :  Pj Gubernur Akmal: 174 Titik Lahan Kritis Eks Tambang Batu Bara

Kehadirannya sebagai salah satu figur potensial dalam Pilkada 2024 Kabupaten Berau telah menjadi topik hangat dalam diskusi politik di Kabupaten Berau.

Bahkan hingga saat ini pun Taupan Madjid sebagai Ketua KKSS Kabupaten Berau menegaskan menjunjung netralitas.

“Hingga saat ini sebagai ketua KKSS, saya masih menjaga diri saya untuk tetap netral, makanya dari dulu saya tidak punya warna (partai) agar lebih mudah menyatukan orang,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2703 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *