Gubernur Kaltara Targetkan Angka Kemiskinan Turun Setiap Tahun

benuanta.co.id, TARAKAN – Berhasil turunkan angka kemiskinan ekstrem di Kalimantan Utara (Kaltara) selama tiga tahun terakhir, Gubernur Kaltara Dr (HC) Zainal Arifin Paliwang membeberkan program strategis yang berhasil turunkan angka kemiskinan tersebut.

Sebelumnya berdasarkan surat Pemberitahuan Hasil Perhitungan Estimasi Angka Kemiskinan Ekstrem Tingkat Kabupaten/Kota tahun 2023 oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan mengapresiasi dan berterima kasih atas komitmen, kerja sama dan kontribusi yang telah dilakukan oleh seluruh pemerintah daerah hingga saat ini termasuk Kaltara yang telah berhasil menurukan angka kemiskinan dalam kurun waktu tiga tahun.

Baca Juga :  Pemprov Kaltara Harap Dukungan Swasta untuk Pengembangan Produk TTG

Gubernur Kaltara telah berhasil melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem dengan melakukan program-program yang bisa menekan angka kemiskinan di Kaltara.

Terkait hal tersebut, pemerintah Provinsi (Pemprov) diharapkan dapat menggunakan estimasi angka kemiskinan esktrem kabupaten/kota tajin 2023 sebagai dasar untuk mengkoordinasikan dan memastikan PPKE di wilayah masing-masing mencapai target 0% pada tahun 2024.

Tak hanya itu saja, pemerintah daerah dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan berdasarkan informasi ini dan terus berpartisipasi aktif dalam upaya nasional percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem di Indonesia pada tahun 2024.

Baca Juga :  Sukses Bentuk DRPPA di Kaltara, DPPPA Raih Penilaian Sempurna dari Kementrian

Terkait hal tersebut, Gubernur Dr (HC) Zainal Arifin Paliwang membeberkan selama ini Pemprov Kaltara terus menggaungkan program-program yang bisa menurunkan angka kemiskinan di seluruh wilayah Kaltara.

“Kami selalu memberikan bantuan sembako, beasiswa, listrik gratis, bedah rumah dan beberapa program strategis lainnya adalah yang kami lakukan sehingga angka kemiskinan menurun,” ujarnya.

Ia juga menargetkan sesuai dengan arahan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ia akan terus mengupayakan penurunan kemiskinan di Kaltara.

Baca Juga :  Terumbu Karang di Kaltara Dinilai Potensial

“Target saya setiap tahun pasti kita lakukan upaya untuk menekan angka kemiskinan yang ada di Kaltara,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2633 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *