Dinas PUPR-Perkim Bangun Asrama Mahasiswa Kaltara di NTB

benuanta.co.id, SUMBAWA – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR-Perkim) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), melaksanakan pekerjaan pembangunan Asrama Mahasiswa Kaltara di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada tahun ini.

Kepala Dinas PUPR-Perkim Kaltara, Helmi hadir langsung mendampingi Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang saat momen peletakan batu pertama (11/3). Lokasi pembangunan asrama di Jalan Raya Nijang, Desa Keroto, Kecamatan Unter Iwes, Kabupaten Sumbawa, NTB.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1911 votes

Helmi mengatakan, kompleks asrama yang dibangun rencananya terdiri dari dua gedung di atas lahan seluas 2.317 meter persegi. Masing-masing gedung untuk mahasiswa putra dan mahasiswa putri secara terpisah.

Baca Juga :  Menjaga Asa Konektivitas Malinau – Krayan

“Setiap bangunan asrama terdiri dari 2 lantai utama, kemudian ada lantai tambahan sebagai ruang serbaguna,” kata Helmi.

Setiap gedung akan dilengkapi kamar mahasiswa, komunal area, dapur umum, sarana olahraga, ruang hijau terbuka, serta ruang serbaguna.

“Selain itu ada fasilitas seperti coffee shop, lahan parkir yang luas, pos keamanan, dan ruang untuk tamu juga dibangun sebagai sarana pelengkap asrama,” jelas Helmi.

Baca Juga :  Jalan Perbatasan Dapatkan Suntikan Anggaran Puluhan Miliar

Dalam sambutannya, Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang mengatakan, asrama ini akan sangat berguna untuk mahasiswa Kaltara yang menempuh pendidikan tinggi di NTB. Pada tahun 2022, ada 196 mahasiswa yang tercatat berkuliah di sana, khususnya di Kabupaten Sumbawa.

“Saya sudah meminta kepada Kepala Dinas PU agar dirampungkan pembangunannya tahun ini,” kata Zainal.

Baca Juga :  Pembangunan Infrastruktur Pacu Perekonomian Daerah

Gubernur berharap kehadiran fasilitas asrama menjadi penyemangat belajar mahasiswa. Dengan begitu, mereka diharap optimal menimba ilmu dan dapat menjadi generasi penerus pembangunan.

“Kami ingin mahasiswa asal Kaltara dapat menempuh pendidikan dengan nyaman dan memperoleh hasil kuliah yang baik, sehingga ketika kembali ke Kaltara mampu mengaktualisasikan hal positif kepada masyarakat,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ike

Editor: Nicky Saputra 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *