DPUPR Berau akan Bangun Jembatan Belly di Kampung Long Ayan

benuanta.co.id, BERAU – Kepala Kampung (Kakam) Long Ayan, Hardiansyah beri usulan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau untuk segera merealisasikan perawatan jalan kampung sepanjang 15 Kilometer dan rehabilitasi jembatan.

Pasalnya dari beberapa usulan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2023, Kampung Long Ayan tidak mendapatkan realisasi pembangunan.

Bahkan pihak Kepala Kampung sempat berencana untuk menggunakan Alokasi Dana Kampung (ADK) untuk memperbaiki jalan tersebut.

“Namun saat dikonfirmasi ke inspektorat, dijelaskan jalan tersebut statusnya sudah milik kabupaten sehingga kabupaten lah yang harus memperbaiki,” ungkapnya.

Selain jalan pihaknya juga meminta rehabilitasi jembatan yang ada di Kampung Long Ayan. “Saya berharap usulan prioritas di tahun ini bisa terealisasi,” ungkap Hardiansyah.

Baca Juga :  Pj. Gubernur Kaltim Sebut Masih Review UU Cipta Kerja

Adapun usulan prioritas yang diajukan di antaranya rehabilitasi jalan kampung sepanjang 15 KM, drainase jalan, rehabilitasi dua jembatan, dan ketersediaan listrik dan air.

“Padahal itu menjadi kebutuhan dasar tapi belum terpenuhi, makanya tadi saya bersama ketua BPK dan ketua adat kampung membawa dokumen berisi usulan pembangunan infrastruktur agar mendapat disposisi Bupati Berau,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Preservasi Jalan dan Jembatan DPUPR Berau, Junaidi, menambahkan terkait kondisi jembatan yang ada di jalan poros menuju Kampung Long Ayan hanya terbuat dari kayu log yang ditutupi tanah.

Baca Juga :  Ingin Berau Maju, Pj Gubernur Minta Bupati Lakukan Langkah Tidak Biasa

“Sehingga saat musim hujan celah yang ada di jembatan tersebut terbuka. Memang kondisinya perlu penanganan, pembenahan dan perbaikan setelah Musrenbang kemarin ada anggota ini yang langsung mengecek kelapangan,” tuturnya.

Disampaikannya dalam program khusus di Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) 2024 belum ada program khusus. “Rencananya kita akan buatkan jembatan sementara, walaupun hanya sementara daya dukungnya besar juga karena bisa dilewati oleh kendaraan,” bebernya.

Untuk sementara pihaknya akan membangunkan jembatan belly sembari menunggu pemrograman selanjutnya.

“Bentang jembatan 20 hingga 28 meter harus memiliki proyek perencanaan terlebih dahulu. Kita akan coba mengecek ketersediaan material untuk pembuatan jembatan belly ini. Dan ini bisa di bongkar jadi begitu ada program permanen kita akan ganti,” imbuhnya.

Baca Juga :  Langgar Kode Etik Polri, Personel Polres Berau di PTDH

Dirinya menegaskan anggaran tahun 2024 masih memiliki waktu yang panjang sehingga pihaknya mengupayakan usulan tersebut bisa terealisasi.

“Material ada di kantor tapi harus disiapkan dulu, kita upayakan tahun ini karena jadi target kami juga,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2703 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *