Kenakalan Remaja Harus Dicegah Sejak Dini

benuanta.co.id, NUNUKAN – Kenalalan remaja menjadi salah satu perhatian Polsek Nunukan saat ini. Kenakalan remaja kerap kali bersinggungan langsung dengan tindak kriminal.

Kepala Kepolisian Sektor (Polsek) Nunukan, AKP. Muhammad Karyadi menyebut kenakalan remaja saat ini sudah meluas pada kasus-kasus pencurian, pengeroyokan termasuk pencabulan.

“Kenakalan remaja ini sudah melebar pada kasus-kasus terutama pencurian bahkan ada juga pencabulan,” kata Karyadi kepada benuanta.co.id Senin, 11 Maret 2024.

Baca Juga :  Curi Motor, Dua Pemuda Diringkus Satreskrim Polres Malinau

Selain itu ada juga kasus pengeroyokan yang melibatkan para pelajar, terjadi 3 kali di tahun ini. Termasuk pencabulan, karena kenakalan remaja yang tidak lagi terkontrol termasuk kurangnya pengawasan orang tua.

Dia juga menyebut jumlah anak remaja saat ini semakin banyak, dan seharusnya mereka menyiapkan mental dan fisik yang baik sehingga tidak terjadi pelanggaran hukum.

Kenakalan remaja, kata Karyadi disebabkan lemahnya pendidikan agama, salah memilih teman dan lingkungan tempat tinggal yang kurang baik.

Baca Juga :  Marak PMI Non Prosedural Pulang ke Indonesia Lewat Jalur Perbatasan Ba’kelalan-Long Midang

Mencegah perilaku kenakalan remaja, ia menyarankan membentengi diri dengan iman, pintar dalam bergaul dan tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal yang merusak diri sendiri.

“Penyalahgunaan narkoba, seks bebas hingga tauran antar pelajar dewasa ini, kerap dilakukan oleh anak sekolah. Saya harap anak-anak remaja di Kabupaten Nunukan tidak termasuk di dalamnya karena sekali melangkah maka untuk memperbaikinya akan sulit dan tinggal penyesalan yang tersisa” jelasnya.

Baca Juga :  Satgas Pamtas Gagalkan Penyeludupan Miras di Sei Menggaris

Ia mengajak anak-anak muda ke arah yang positif, agar tidak menyusahkan diri sendiri, orang tua dan keluarga. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2703 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *