DPKP Kaltara Jaga 4 Bahan Pokok Ini Tetap Tersedia Selama Ramadan

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Jelang bulan Ramadan 1445 hijriah, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mengantisipasi ketersediaan bawang merah, bawang putih, kedelai dan daging sapi di pasar-pasar tradisional ataupun modern yang ada di seluruh Daerah Provinsi Kaltara.

Data beberapa tahun terakhir, kebutuhan 4 komoditi pokok itu selalu mengalami peningkatan khususnya saat momentum bulan Ramadan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1910 votes

Kepala DPKP Kaltara Heri Rudiono mengatakan, saat ini jumlah kebutuhan masyarakat terhadap 4 komoditi pokok itu memang lah sangat tinggi, bahkan tidak sebanding dengan stok yang dimiliki saat ini.

Baca Juga :  DPKP Kaltara Harap Bongkar Muat Ketahanan Pangan Diprioritaskan 

“Makanya ketersediaan 4 bahan pokok ini selalu kita pantau, karena dikhawatirkan akan mengalami inflasi harga. Apalagi kita mau memasuki bulan ramadhan yang biasanya kenaikan harga bahan pokok rawan untuk terjadi,” kata Heri Rudiono pada Ahad, 10 Maret 2024.

Kurangnya stok 4 bahan pokok itu, dinilai Heri sangatlah wajar mengingat daerah Kaltara belum termasuk sebagai daerah produksi bawang merah, bawang putih, kedelai dan daging.

Baca Juga :  DPKP Kaltara Lakukan Pemetaan Lahan Pertanian Baru

“Sebenarnya kita punya produksi juga tapi jumlahnya masih sangat sedikit karena kita juga baru memulai bertani bahan pokok tadi. Sedangkan mayoritasnya kita masih mengandalkan pasokan dari luar daerah,” ujarnya.

Berdasarkan data yang terhimpun oleh DPKP Kaltara, saat ini stok bawang merah yang ada berjumlah 354 ton, bawang putih 281 ton, kedelai 862 ton dan daging sapi 100 ton.

Menurut Heri, dengan jumlah stok yang tersedia saat ini, jumlah itu masihlah kurang jika dibandingkan dengan tingkat kebutuhan seluruh masyarakat Kaltara saat bulan Ramadan.

Baca Juga :  DPKP Kaltara Lakukan Pemetaan Lahan Pertanian Baru

“Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Kaltara dengan stok ketersediaannya tentu sangatlah kurang. Makanya saat ini kita berupaya agar stok semua bahan pokok itu dapat terjaga,” lanjutnya.

“Salah satu langkah yang kita lakukan ialah dengan melakukan sidak pasar, memastikan pasokan dari luar daerah tetap terjaga dan melakukan kegiatan Gelar Pangan Murah,” pungkasnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *