Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Kaltara Diprediksi Mencapai 2,5 Meter

benuanta.co.id, NUNUKAN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan soal potensi gelombang tinggi di laut perairan Kaltara kategori sedang yaitu 1,25 hingga 2,5 meter.

Kepala BMKG Nunukan, William Sinaga, mengingatkan kepada masyarakat di Nunukan, khususnya nelayan agar menjaga keselamatan pelayaran.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1917 votes

“Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang diatas 1,25 meter, dan kapal ferry kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang diatas 2,5 meter, sedangkan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/pesiar kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang diatas 4,0 meter,” jelasnya.

Baca Juga :  Perekaman e-KTP di Kaltara 98,68 Persen

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Nunukan, Muhammad Amin, SH., mengimbau kepada masyarakat yang beraktifitas di laut agar lebih berhati-hati, mengingat cuaca buruk yang dapat mengakibatkan gelombang tinggi.

“Sesuai hasil koordinasi dan informasi yang kami dapatkan dari BMKG, saat ini kondisi gelombang sedangkan walaupun begitu harus tetap diwaspadai,” kata Amin, Kamis, 7 Maret 2024.

Baca Juga :  Inisiatif Gubernur Zainal Mudik Gratis, Dishub Kaltara Sebut Animo Masyarakat Tinggi

Dishub juga akan tetap memantau apabila situasinya sudah tidak dapat dilakukan untuk berlayar maka akan tindaklanjuti dengan imbauan.

“Kami sudah mengimbau secara lisan kepada agen, perusahan pelayaran dan penumpang yang ada di Kabupaten Nunukan maupun antar kabupaten untuk waspada,” ujarnya.

Kami Amin, sampai saat ini imbauan bentuk lisan sudah disampaikan dan tetap menggunakan alat keselamatan terutama para penumpang. Tidak hanya itu dia juga mengimbau kepada pihak kapal pelayaran untuk menyediakan keamanan untuk kapalnya sehingga dalam trayek pelayarannya bisa berjalan dengan lancar dan aman. (*)

Baca Juga :  Selama Febuari Jumlah Penumpang Angkutan Laut Capai 11.765 Orang

Reporter: Darmawan

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *