Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu Tingkat Kota Tarakan Dimulai

benuanta.co.id, TARAKAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tarakan memulai pleno rekapitulasi tingkat kota pada Ahad, 3 Maret 2024 di Aula Hotel Tarakan Plaza. Pleno rekapitulasi ini dijadwalkan selesai pada 4 Maret 2024, esok.

Plt Ketua KPU Tarakan, M. Taufik Akbar mengatakan, meski telah terjadwal 2 hari pleno rekapitulasi di tingkat kota, pihaknya berharap agar rekapitulasi dapat selesai pada hari ini. Sebelum sampai pada tahap ini, juga sudah terdapat rangkaian tahapan yang cukup panjang sejak 16 Juni 2022 lalu.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1987 votes

“20 bulan proses yang cukup panjang dan mungkin cukup melelahkan, tapi itu semua proses yang perlu kita lakukan sampai pada tahap pemilihan. Ada tahap perencanaan,kita juga verifikasi dari partai politik, kemudian pencalonan,” katanya dalam sambutan, Ahad (3/3/2024).

Baca Juga :  Dugaan Kebakaran di RSUD JSK, Polisi Simpulkan Korsleting Kipas Angin 

Dalam tahapan pencalonan, memakan waktu 8 bulan lamanya dan pihaknya meloloskan 375 calon anggota legislatif Kota Tarakan. Selama tahapan verifikasi berlangsung, terdapat banyak dinamika yang tentu terdapat klarifikasi yang disampaikan KPU Tarakan ke berbagai daerah.

Dilanjutkannya, saat masa kampanye pun tak terdapat gesekan yang signifikan dari masing-masing peserta pemilu.

“Alhamdulillah semua berjalan baik, seluruh peserta pemilu dan partai politik berjalan beriringan. Kita juga buka pelayanan di KPU Tarakan setiap harinya,” lanjutnya.

Taufik juga mengapresiasi badan adhoc di tingkat kelurahan maupun kecamatan yang sudah berjuang dalam pelaksanaan pesta demokrasi. Tercatat sebanyak 4.774 KPPS yang bertugas di tiap TPS yang ada di Tarakan. Pihaknya juga mengucapkan terimakasih terhadap pihak keamanan yang terus memantau kondisi keamanan baik di gudang logistik, di Kantor KPU dan Kantor Bawaslu Tarakan.

Baca Juga :  FKWT dan FKPT Tarakan Sepakat Usung Hj Maryam ke Pilwali Tarakan 

“Saya ucapkan terimakasih juga ke pemerintah Kota Tarakan, terimakasih pak PJ Walikota atas supportnya. Apalagi bulan ini kira akan perencanaan Pilkada juga setelah itu kita masuk ke tahapan perekrutan independen,” ujarnya.

Sementara itu, PJ Walikota Tarakan, Bustan mengungkapkan, sebelum dirinya diamanatkan sebagai PJ, sudah lebih dulu melakukan sidak di seluruh kecamatan yang ada di Tarakan. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan keamanan distribusi kotak suara.

“Meskipun ada yang belum sesuai, kita tetap ingatkan ke KPU dan Bawaslu untuk benar-benar menjaga keamanan. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar sampai pada detik ini rapat pleno tingkat kota,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pj Wali Kota Tekankan Penanganan Volume Sampah Selama Lebaran

Ia juga mengucapkan terimakasih terhadap masyarakat Tarakan yang telah turut serta berpartisipasi di TPS masing-masing. Pun dengan unsur pengamanan TNI Polri yang sudah mengawal keamanan pesta demokrasi ini.

“Terimakasih juga untuk para relawan yang sudah memastikan kelancaran, transparansi dan akuntabilitasnya. Mungkin ada sedikit permasalahan, tapi saya yakin ada solusi, saat ini yang ditunggu sudah tiba yaitu tahapan rekapitulasi, kita terima dengan lapang dada nantinya,” pungkas pria yang pernah menjabat sebagai Asisten Bidang Perekonomian Pemprov Kaltara tersebut.(*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *