BMKG Prediksi Potensi Hujan Sedang-Lebat Bayangi Kaltara 

benuanta co.id, TANJUNG SELOR – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bakal ada potensi hujan sedang hingga lebat dalam beberapa hari ke depan. Untuk itu, masyarakat diminta waspada terhadap cuaca ekstrem.

Forecaster BMKG Tanjung Harapan Sylvi Yulianti mengatakan, saat ini MJO aktif pada fase 3 (Indian Ocean) dan diprediksi akan memberikan pengaruh yang signifikan pada peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia yang dimulai dari bagian barat dan bergerak ke Indonesia timur dalam sepekan ke depan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1911 votes

“Aktivitas gelombang atmosfer rossby ekuatorial juga diprakirakan akan aktif di beberapa wilayah, seperti Aceh, Sumatra bagian utara hingga tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Kepulauan Maluku, dan Papua Barat pada periode 5 – 7 Maret 2024,”jelasnya, Ahad (3/3/2024).

Baca Juga :  Sebagain Besar Wilayah Bulungan Terjadi Hujan Ringan hingga Lebat

Adapun faktor tersebut kata Sylvi sapaan, diduga bisa mendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut. Kemudian, pusat tekanan rendah terpantau di Australia bagian utara yang membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) memanjang dari NTT hingga Laut Timor.

Sirkulasi Siklonik terpantau di Samudra Hindia barat Banten yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan percepatan angin (konvergensi) di Samudra Hindia Selatan ke Jawa Barat hingga barat Banten.

“Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Bengkulu hingga perairan barat daya Lampung, dari Lampung hingga DKI Jakarta, Banten, di Jawa Barat, di Jawa Tengah, Jawa Timur, dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah, dan di Kalimantan Utara. Daerah konfluensi terpantau dari NTT hingga Laut Timor, Australia bagian utara, dan di Maluku bagian tenggara,” jelasnya.

Baca Juga :  Sebagain Besar Wilayah Bulungan Terjadi Hujan Ringan hingga Lebat

Kondisi tersebut berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar pusat tekanan rendah, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut.

“Berdasarkan prediksi kondisi global, regional, dan probabilistik model, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diperkirakan terdapat di beberapa wilayah Indonesia, seperti Pesisir Barat Sumatra, Jawa, Bali, NTB, NTT, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua,” ungkapnya.

Menurut prakiraan musim penghujan 2023-2024, puncak musim hujan di sebagian besar wilayah Indonesia sudah terlewati. Namun, sebagian wilayah Sumatra bagian selatan dan Pulau Jawa masih berada dalam puncak musim hujan pada Bulan Februari, sehingga masih berpotensi terjadi peningkatan curah hujan pada wilayah tersebut. Faktor cuaca global dan regional juga berpengaruh pada cuaca di sebagian besar wilayah Indonesia dalam sepekan ke depan.

Baca Juga :  Sebagain Besar Wilayah Bulungan Terjadi Hujan Ringan hingga Lebat

“Wilayah Pesisir Barat Sumatra, Jawa, Bali, NTB, NTT, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat,” jelasnya.

Untuk itu, masyarakat dihimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin dalam satu minggu ke depan.(*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *