Berau Bakal Punya TPA Baru Seluas 5 Hektare

benuanta.co.id, BERAU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau menggelontorkan Rp 20 miliar lebih untuk pembangunan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) baru seluas 5 hektare pengganti TPA Bujangga saat ini.

Kepala Bidang (Kabid) Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman (AMPLP) DPUPR Berau, Decty mengatakan TPA yang baru tersebut akan berada di wilayah Kampung Pegat Bukur,

“Tempatnya di Pegat Bukur Kecamatan Sambaliung. Anggaran yang sudah dikucurkan untuk pembangunan TPA sebanyak Rp 20 Miliar lebih. Untuk Pembangunan fisiknya diperkiraan akan memakan anggaran Rp 16 Miliar lebih,” ucapnya Kamis (29/2/2024).

Baca Juga :  Lapas Berau Butuh Bantuan Filterisasi Air Bersih dari PUPR

Lanjutnya, saat ini tahapan sudah berjalan dan dalam tahap tender perencanaan, kemudian April mendatang akan dilaksanakan proses lelang fisik pembangunan TPA.

“Rupa fisik yang akan dibangun kita belum tahu sekarang, tapi akan kita ketahui Bulan April mendatang. Karena baru jalan perencanaannya ini,” ujarnya.

Dijelaskannya TPA yang baru tidak berada di jalan poros, melainkan masuk lagi kedalam sejauh 300 meter lebih.

Baca Juga :  Pembangunan Gapura Kilo 5 Kembali Dilanjutkan

“Selain agar jauh dari pemukiman warga, juga agar bisa jauh dari poros jalan mobilisasi masyarakat,” tuturnya.

Dirinya menargetkan pembangunan TPA di Kampung Pegat Bukur, Kecamatan Sambaliung tersebut bisa selesai pada Desember 2024 mendatang.

“Kami juga memperkirakan, TPA tersebut juga akan siap difungsikan pada akhir tahun ini,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *