Komisi IV DPRD Kaltara Dorong Peningkatan Layanan RSUD JSK Tarakan

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Guna memastikan pelayanan kesehatan yang optimal, Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) belum lama ini melakukan kunjungan kerja ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Jusuf SK.

Adapun kunjungan tersebut ialah guna, memantau dan mengevaluasi pelayanan kesehatan pada rumah sakit yang ada di kota Tarakan.

Kunjungan yang dipimpin wakil ketua komisi IV Yancong dan anggota DPRD lainnya disambut baik Plt. Direktur RSUD dr. H. Jusuf SK dr.Budy Aziz B, Sp.PK dan Pejabat RSUD.

“Yah kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Kaltara,” ucapnya, Selasa, (27/2/2024)

Baca Juga :  DPRD Kaltara Minta Pemerintah Perhatikan Akses Darat dan Laut

Dengan kunjungan kerja ini, Komisi IV dapat memberikan rekomendasi dan dukungan yang diperlukan agar RSUD dr. H. Jusuf SK dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatannya, memberikan akses yang lebih baik bagi masyarakat, dan mengatasi tantangan yang dihadapi dalam memberikan pelayanan.

Sementara itu Plt. Direktur RSUD dr. H. Jusuf SK menyampaikan tantangan dan rencana pengembangan fasilitas kesehatan di rumah sakit, seperti kekurangan tenaga medis, peralatan medis tertentu dan fasilitas ruangan.

“Saat ini, rumah sakit masih menghadapi kendala terkait kekurangan ruangan dan jumlah pasien yang datang melebihi kapasitas yang tersedia. Hal ini menyebabkan pasien harus menunggu lebih lama di ruang IGD,” ungkapnya.

Baca Juga :  DPRD Kaltara Bahas Persiapan Seleksi Komisioner KPID

Untuk mengatasi permasalahan ruangan, pihak RSUD dr. H. Jusuf SK berencana membuka ruang baru di gedung lama. Langkah ini diharapkan dapat memperluas kapasitas pelayanan dan mengurangi waktu tunggu pasien di IGD.

Selain itu, kekurangan tenaga perawat juga menjadi perhatian serius. Saat ini, pihak RSUD sedang dalam proses merekrut staf baru untuk memenuhi kebutuhan pelayanan yang semakin meningkat. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan memastikan pasien mendapatkan perawatan yang terbaik.

Dalam menghadapi pasien dari luar daerah, RSUD dr. H. Jusuf SK mengimbau agar koordinasi dilakukan terlebih dahulu dengan pihak rumah sakit sebelum pasien dirujuk ke RSUD. Langkah ini diambil untuk memastikan ketersediaan fasilitas dan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan pasien.

Baca Juga :  DPRD Harap Pemahaman Terhadap Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Kaltara Bisa Lebih Baik

Kemudian pada tahun ini, RSUD dr. H. Jusuf SK berencana meluncurkan layanan pelayanan jantung dan kanker pada bulan Maret dan mengadakan operasi jantung pertama pada bulan Oktober.(adv)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2962 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *