Hujan di Bulungan Diprediksi Awet hingga Esok Hari

benuanta.co.id, BULUNGAN – Hujan lebat melanda Kabupaten Bulungan dan sekitarnya sejak pagi, Senin 26 Februari 2024. Hujan ini diprediksi akan berlangsung hingga besok, Selasa, 27 Februari 2024.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Goefisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Tanjung Harapan, Abdul Haris Zulkarnaen melalui Forecaster BMKG Stasiun Meteorologi Tanjung Harapan, Silvy Yulianti mengatakan hujan ini disebabkan oleh sirkulasi siklonik di pesisir barat sebelah utara Australia.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1941 votes

“Sirkulasi ini membentuk daerah konvergensi yang memanjang di beberapa wilayah Indonesia, termasuk Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur,” ucapnya kepada benuanta.co.id.

Lanjutnya, kondisi ini meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut. Hal ini ditambah lagi dengan labilitas lokal yang kuat, sehingga hari ini dan besok masih berpotensi hujan sedang hingga lebat.

“Terutama di wilayah Malinau Barat, Malinau Selatan Hilir, Malinau Selatan Hulu, Mentarang dan Mentarang Hulu,” sebutnya.

Pihaknya pun mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak hujan lebat, seperti banjir, longsor, dan genangan air. Ia juga menyarankan masyarakat untuk mengikuti perkembangan cuaca melalui laman resmi BMKG atau media sosial BMKG.

“Kami terus memantau perkembangan cuaca dan akan memberikan informasi terkini kepada masyarakat. Kami harap masyarakat dapat mengantisipasi dan mengurangi risiko bencana akibat hujan lebat ini,” tutupnya.(*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *