Gubernur Dorong ASN untuk Ikuti Tes Pemetaan Kompetensi Melalui Sistem CAT

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dalam pemenuhan kompetensi kerja Sumber Daya Manusia (SDM) di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) Gubernur Provinsi Kaltara, Zainal Arifin Paliwang dorong para ASN yang belum mengikuti tes pemetaan kompetensi melalui sistem CAT, untuk segera mengikuti tes kompetensi tersebut.

Paliwang sapaannya mengatakan, selain tes pemetaan kompetensi melalui sistem CAT, setiap ASN yang ada di Lingkungan Pemprov Kaltara harus memenuhi empat kemampuan kerja untuk menunjang hasil kerja yang maksimal.

Empat skill itu meliputi mampu menggunakan information, media and technology skills. Kemudian menambah life and career skills. Selanjutnya, mengembangkan learning and innovation skills. Dan, memiliki skill komunikasi yang efektif.

Baca Juga :  Dengarkan Aspirasi Nelayan, KNTI Apresiasi Respons Cepat Gubernur Zainal

“Semua kemampuan ini sangat diperlukan setiap ASN dan uji kompetensinya ada pada Tes pemetaan kompetensi melalui sistem CAT. Makanya saya mendorong agar ASN yang mengikuti Kompetensi ini, bisa segera mengikutinya,” kata Paliwang pada Kamis, 22 Februari 2024.

Ia menyebutkan Penilaian potensi dan kompetensi dengan Computer Assisted Competency Test Badan Kepegawaian Negara (CACT-BKN) merupakan hasil dari implementasi sistem merit. Tujuannya, untuk mewujudkan SDM ASN yang unggul.

Baca Juga :  Dengarkan Aspirasi Nelayan, KNTI Apresiasi Respons Cepat Gubernur Zainal

Pemerintah pusat telah mencanangkan manajemen ASN berbasis sistem merit dengan mengedepankan manajemen talenta sebagai kegiatan prioritas. Sehingga tes melalui sistem CAT inilah yang menjadi standarnya,” lanjutnya lagi.

“Makanya saya sangat berharap agar Kaltara di dalam visi misinya akan didukung oleh ASN yang berkualitas, jadi sudah sesuai dengan aturan dan tahapannya,” imbuhnya.

Saat ini masih ada sekitar 475 ASN yang terdata belum mengikuti Tes pemetaan kompetensi melalui sistem CAT. Sehingga harapannya dalam penyediaan kouta tes CAT pada tahun 2024 ini, semua ASN itu dapat mengikuti Tes pemetaan kompetensi melalui sistem CAT.

Baca Juga :  Dengarkan Aspirasi Nelayan, KNTI Apresiasi Respons Cepat Gubernur Zainal

“Saya sudah kordinasi dengan pihak BKD dan insyallah dalam waktu dekat akan segera kita laksanakan, oleh karena itu ASN juga harus menyiapkan diri,” pungkasnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2703 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *