Bupati Minta DPUPR dan PDAM Kelola Sumber Mata Air Bersih di Tabalar Muara

benuanta.co.id, BERAU – Sarana Pengelolaan Air Bersih (SPAB) berbentuk bangunan bendungan mini atau intake di Tabalar Muara sampai saat ini belum berfungsi maksimal.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Kepala Kampung Tabalar Muara Frisnar Paysal bersama warganya pun sudah menemukan sumber air bersih baru.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1900 votes

“Kita sudah menemukan sumber mata air bersih yang cukup besar dan ini mampu menghidupi daerah persawahan kami kurang lebih 300 hektare,” ungkapnya Selasa (20/2/2024).

Baca Juga :  Berkah Ramadan, Bisnis Takjil Bikin Cuan Melejit

Tak hanya itu, jika sumber air bersih yang berhasil ditemukan tersebut bisa langsung digunkan untuk 200 kartu keluarga.

“Sampai ke Muara kurang lebih sekitar 200 rumah warga di sana. Sehingga kalau jaringan ini terpenuhi dan bisa menyaluri ke SPAB Tabalar Muara,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Berau Sri Juniarsih Mas menjelaskan persoalan ada sumber mata air bersih ditemukan kepala kampung Tabalar Muara, pihaknya sudah meminta DPUPR dan PDAM untuk segera mengelola supaya masyarakat bisa langsung menikmati air bersih.

“Saya sudah sampaikan kepada DPUPR dan PDAM untuk segera kelola sumber mata air bersih baru di Kampung Tabalar Muara,” tuturnya.

Baca Juga :  Dinas Perikanan Berau Masih Menyelidiki Penyebab Penyu Mati

Terpisah, Kepala DPUPR Berau Fendra Firnawan menambahkan sudah minta Kepala Kampung Tabalar Muara buat berita acara terkait temuan sumber mata air baru.

“Akar masalahnya itu siapa yang mengelola air bersih itu, kampung atau PDAM,” singkatnya.

Dirinya pun sudah menawarkan solusi agar mengadakan pertemuan dahulu juga dengan PDAM.

“Jadi solusi yang kami tawarkan nanti kita ketemu Kepala Kampung dulu, kita hitung hitungan seperti apa sama seperti PDAM untuk sama-sama hitung profit,” terangnya.

Selain itu, Direktur PDAM Berau Saipul Rahman mengatakan terkait temuan sumber mata air bersih di Tabalar Ulu dan Muara sudah pernah melihat.

Baca Juga :  Bupati bersama PWI Berau Berbagi Makan Sahur dan Bingkisan ke Ojol

“Cuma kendalanya di sana adalah penyumbatan. Saya juga sudah melapor ke ibu Bupati tentang penyumbatan di sumber mata air,” imbuhnya.

Dikatakannya dengan ada kendala penyumbatan dalam sumber mata air bersih itu maka perlu pembangunan saluran air U Getter.

“Supaya lebih mudah untuk membersihkan sumber mata air jika terjadi sumbatan di intake. Sehingga kalau itu bisa diatasi dengan U Getter Insyallah bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *