Kapolresta Bulungan Sebut Belum Ada Laporan Dugaan Pelanggaran Pemilu

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Kapolresta Bulungan Kombes Pol Agus Nugraha, mengapresiasi kinerja penyelenggara dan pengawas pemilu yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik sehingga pelaksanaan pemilu berjalan sesuai dengan harapan.

Hingga saat ini proses rekapitulasi suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) masih berlangsung, namun sebagian sudah selesai.

“Surat suara juga sebagian berada di gudang logistik. Kami melakukan pengawalan dan pengamanan secara ketat hingga saat ini,” ungkapnya, Selasa (20/2/2024).

Menurut, Agus sapaannya, hingga saat ini belum ada laporan resmi ke Gakkumdu terkait dugaan pelanggaran pemilu. Ia mengaku hanya menerima informasi dari masyarakat, namun belum ada bukti yang kuat. Ia mengimbau masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

Baca Juga :  Pj. Gubernur Kaltim Sebut Masih Review UU Cipta Kerja

“Saat ini kami masih menunggu dari Bawaslu. Jika ada temuan, kami akan segera menindaklanjuti sesuai dengan prosedur hukum,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa ada beberapa temuan yang bisa diselesaikan di lokasi dengan koordinasi antara pihak penyelenggara dan pengawas pemilu.

Bahkan Agus berharap tidak ada persoalan yang berujung pada sengketa pemilu. Ia mengingatkan bahwa pemilu adalah hak dan kewajiban rakyat untuk menentukan masa depan bangsa.

Baca Juga :  Langgar Kode Etik Polri, Personel Polres Berau di PTDH

“Untuk antisipasi ketika ada PSU, maka kami tetap melakukan pengamanan melekat. Kami berkomitmen untuk menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif,” sebutnya.

Sebelumnya, Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al-Islami, mengatakan pihaknya telah menginstruksikan seluruh jajarannya untuk melakukan inventarisasi surat suara yang bukan milik Provinsi Kaltara. Ia juga mengatakan pihaknya telah menyiapkan langkah-langkah untuk kejadian terburuk, yaitu jika harus melakukan Pemilihan Suara Ulang (PSU) di tempat-tempat yang terdampak.

Baca Juga :  Rumah dan Gudang Terbakar di Teluk Bayur

“Kita menyiapkan langkah-langkah untuk kejadian terburuk, saya bilang anggap saja ada PSU, maka disiapkan langkah-langkah jika ada rekomendasi dari Bawaslu,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2678 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *