Dugaan Kecurangan Pemilu, KPU Tunggu Keputusan Bawaslu untuk PSU

benuanta.co.id, TARAKAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tarakan belum menyatakan pemilihan suara ulang (PSU). Kendati, adanya temuan dugaan kecurangan pemilu di Kota Tarakan yang saat ini sedang berproses di Bawaslu Tarakan.

“Kalau untuk yang seperti itu itu (PSU), pasti dilakukan dulu pengkajian dan pendalaman oleh teman-teman Bawaslu, karena kita belum dapat mengetahui juga soal fakta-faktanya (dugaan kecurangan),” jelas Anggota KPU Tarakan, M. Taufik Akbar, Jumat (16/2/2024).

Dilanjutkannya, dalam temuan tersebut pihaknya hanya menunggu keputusan yang nantinya dikeluarkan oleh Bawaslu. Adapun PSU diatur ke dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Dalam aturan tersebut juga terdapat batas maksimal PSU yakni maksimal 10 hari dari setelah hari pemungutan suara.

Baca Juga :  Siklon Tropis Terdeteksi di Laut Filipina, BMKG Tarakan Beberkan Dampaknya

“Belum ada kita siapkan. PSU ini ada normanya. Kita perlu kajian lebih lanjut. Saya rasa teman-teman Bawaslu tentu sudah memahami hal itu,” lanjutnya.

Pihaknya berpesan agar masyarakat menunggu penanganan temuan dugaan kecurangan ini Bawaslu. Taufik juga menyampaikan, agar masyarakat tak membangun atau terpancing dengan isu-isu liar sambil menunggu proses selesai.

Baca Juga :  715 PPPK Kota Tarakan Dilantik, Tenaga Guru 645 Orang

Menurutnya, selama pelaksanaan pemungutan suara pada 14 Februari 2024 lalu dikatakan cukup baik dan maksimal. Meski terdapat beberapa kekurangan.

“Ini proses serentak kan memerlukan energi, giliran yang tidak biasa-biasa. Jadi kalau ada kekurangan itu akan menjadi evaluasi kita bersama. Kami bersyukur karena tidak ada gesekan saat hari H, dan kondusif juga,” tegas Taufik.

Adapun saat ini, KPU Tarakan tengah fokus terhadap proses rekapitulasi suara di masing-masing kecamatan. Diketahui, per hari ini, proses rekapitulasi dimulai dan diawali penghitungan untuk suara calon presiden dan wakil presiden di Kota Tarakan.

Baca Juga :  BPBD Tarakan Sesalkan Sikap Masyarakat Buang Sampah Sembarangan

“Mungkin sekitar semingguan selesai, di Tarakan Timur sudah berjalan sejak tadi pagi,” pungkasnya. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2963 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *