4.485 Usulan untuk Musrenbang, dari Perbaikan Jalan, UMKM, Kesehatan hingga Pariwisata

benuanta.co.id, BERAU – Usulan inovasi pembangunan merata kepada pemerintah daerah mulai dari setiap kelurahan, kecamatan hingga tingkat kampung di Kabupaten Berau akan masuk pembahasan.

Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Berau, Endah Ernany Triarani mengatakan
berdasarkan pencatatan dari Sistem Informasi Pemerintahan Daerah Republik Indonesia (SIPD RI) sudah masuk 4.485 usulan.

Kata dia, usulan tersebut nantinya akan disampaikan dalam Musyawarah perencanaan perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.

“Kegiatan Musrembang rencana tanggal 19 Februari hingga 29 Februari dengan mengusul tema penguatan tata kelola pemerintahan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ungkapnya Kamis (8/2/2024).

Selain itu, dijelaskannya untuk usulan Musrenbang yang belum diinput pemerintah kampung dan kelurahan harus melaksanakan Musrenbang tingkat kampung.

Baca Juga :  Pulau Maratua Disarankan Harus Ada Warning Sistem dan Posko Bencana

“Sama harus mengadakan Musrembang tingkat kelurahan yang nantinya semua usulan dipaparkan di Musrenbang tingkat kecamatan,” ujarnya.

Sebelumnya pihaknya menjelaskan kegunaan SIPD RI dibuat dengan tujuan memberi kemudahan bagi pemerintah daerah untuk melakukan pendataan.

“Kamus usulan itu bahannya dari OPD teknis kemudian di input. Lalu kami memverifikasi semua usulan dari Musrenbang,” tuturnya.

Kemudian sambung dia, tidak semua usulan bisa dijadikan usulan prioritas karena ada regulasi yang harus disesuaikan.

“Kalau ada perencanaan fisik yang diusulkan OPD belum tuntas di tahun 2024 lalu alokasi dana yang belum tuntas maka itu menjadi usulan prioritas dan harus dituntaskan di tahun 2025 berdasarkan kemampuan keuangan yang ada,” pungkasnya.

Baca Juga :  DPRD Berau Harap Ada Perbaikan di Rumah Sakit Talisayan

Camat Bidukbiduk Hasmawi mengatakan sejak beberapa hari lalu sudah ada kegiatan pengumpulan usulan warga untuk disampaikan dalam Musrenbang.

“Masih kita kumpul semua usulan dari kampung dan belum saya lihat usulan prioritas kampung,” ucapnya Kamis (8/2/2024).

Selain itu, Hasnawi menjelaskan permintaan usulan tahun ini juga sama seperti 2023 lalu berupa sektor penanganan tangkap ikan ramah lingkungan.

“Kemudian sektor pariwisata, pendidikan, kesehatan, UMKM dan penunjang jalan kabupaten batu putih serta Biduk-biduk serta tanggul pengaman pantai,” bebernya.

Usulan tersebut sudah terlaksana hanya saja perlu ada peningkatan pada tahun ini. “Setiap OPD sudah lakukan hanya perlu peningkatan agar manfaatnya terhadap masyarakat bisa maksimal,” tuturnya.

Baca Juga :  Bupati Minta DPUPR dan PDAM Kelola Sumber Mata Air Bersih di Tabalar Muara

Kemudian dirinya menjelaskan ingin 2024 ini perbaikan penunjang jalan menuju tempat wisata. “Kami harap dari dinas terkait serta tahun ini bisa bekerja keras untuk daerah kami,” jelasnya.

Kendati demikian pihaknya ingin pemerintah daerah Kabupaten Berau bisa memberikan perhatian kesejahteraan masyarakat daerah pesisir.

“Karena selain tumbuh kembang sektor pariwisata, kami harap UMKM di daerah pesisir ini pun kesejahteraan masyarakat dapat meningkat,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *