Pembagian C6 Pemberitahuan Memilih akan Distribusikan Besok

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Pembagian C6 pemberitahuan memilih untuk pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 dijadwalkan pada H-6 pemungutan suara atau pada Kamis, 8 februari 2024.

Pembagian C6 pemberitahuan kepada pemilih paling lambat pada H-3 pemungutan suara pada pukul 17.00 WITA.

Setelah dari itu, pembagian C6 pemberitahuan dihentikan karena Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sifatnya menunggu pemilih yang menghubungi untuk mendapatkan C6 pemberitahuan.

Ketua KPU Bulungan Lili Suryani, mengatakan pembagian C6 pemberitahuan dapat dilakukan secara dor to dor, juga dapat dilakukan melalui pesan singkat WhatsApp.

Baca Juga :  Pengamat Sebut Salaman Sri Mulyani-Prabowo Tepis Isu Miring di Publik

“Jadi pemilih ketika datang ke TPS cukup menunjukkan C6 pemberitahuan lewat handphone atau secara fisik dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau identitas sejenis, seperti Surat keterangan dari Disdukcapil, KTP elektronik, fotocopy KTP atau passport,” katanya, Rabu, (7/2/2024).

KPU menargetkan, C6 pemberitahuan dapat disampaikan ke tangan warga sebagai calon pemilih paling tidak tiga hari sebelum pencoblosan.

Distribusi C6 pemberitahuan dilakukan secara berjenjang oleh KPU, mulai dari kabupaten, kecamatan, desa sampai dengan tingkat KPPS.

Baca Juga :  PPK Tarakan Barat Pesimis Selesaikan Pleno Rekapitulasi Tepat Waktu

“KPPS kemudian menyalurkan C6 pemberitahuan ini kepada pemilih,” katanya.

Secara terpisah, Komisioner KPU Bulungan Divisi Perencanaan Data dan Informasi Mistang menambahkan, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Bulungan mencapai 112.128 pemilih. Dengan kategori, laki-laki, sebanyak 58.638 atau 52 persen dan perempuan 53.490 atau 48 persen.

“Jumlah ini merupakan akumulasi dari 10 kecamatan dan 81 kelurahan dan desa,” ucapnya.

Baca Juga :  Jokowi Tepis Kenaikan Pangkat Prabowo Bagian dari Transaksi Politik

Ia juga membeberkan klasterisasi pemilih berdasarkan usia. Berdasarkan data yang dihimpun oleh KPU Bulungan, pemilih dengan usia lebih dari 40 tahun, jumlahnya mencapai 47.002 pemilih atau 41,92  persen.

Kemudian, dari usia 15-30 tahun sebanyak 40.190 pemilih, atau 35,84 persen. Sedangkan pemilih dengan rentan usia 30-40 tahun berjumlah 24.936 atau 22,24 persen. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *