Kantor KPU Malinau Didatangi Massa, Lasinias: Pemilu Tetap Berjalan Aman dan Damai

benuanta.co.id, MALINAU – Meski sempat didemo oleh sejumlah massa dari Forum Peduli Demokrasi Malinau ( FPDM ) sebagai imbas hasil seleksi komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malinau periode 2024-2029, Ketua KPU Malinau Lasinias menegaskan hal itu tidak akan mempengaruhi progres dari tahapan Pemilu serentak 14 Februari di Malinau.

Kedatangan FPDM menuding hasil seleksi sarat akan dugaan kecurangan untuk meloloskan komisioner titipan.

Namun hal itu sudah dibantah oleh Timsel. Oleh karena itu, Lasinias pun menegaskan kalau aksi demo kemarin tidak akan mempengaruhi Pemilu di Kabupaten Malinau.

Baca Juga :  Bawaslu Berau Antisipasi Kerawanan Pilkada, Ini Masalah yang Diantisipasi

“Timsel sudah menjelaskan dan terbuka dalam hal itu, jadi kita tidak ada masalah dan kita pastikan Pemilu di Malinau tetap berjalan normal, aman dan damai,” kata Lasinias pada Rabu, 31 Januari 2024.

Ia menjelaskan untuk proses tahapan Pileg serentak tahun 2024 tetap akan menjadi tanggung jawab para komisioner KPU Malinau yang lama. Mengingat jabatan para komisioner KPU Malinau yang lama baru akan berakhir pada bulan Maret 2024 mendatang.

Baca Juga :  Final, Airlangga Hartarto Serahkan SK Partai Golkar ke Zainal-Ingkong

“Khusus untuk Pileg dan Pilpres tetap akan menjadi tanggung jawab para komisioner yang lama, karena pencoblosannya kam jatuh pada tanggal 14 Februari. Sedangkan SK kita itu berakhir pada pertengahan bulan Maret,” lanjutnya lagi.

“Kecuali jika usai Pileg dan Pilpres ada gugatan atau sengketa Pemilu yang berasal dari Malinau, maka hal itu akan menjadi tanggung jawab para komisioner yang baru untuk mengatasinya,” terangnya.

Baca Juga :  Partisipasi Pemilih pada PSU 69,3 Persen

Lasinias berharap kalau gejolak masa yang terjadi tidak akan berimbas pada Pemilu.

“Yang diprotes kan hasil seleksi komisionernya, bukan Pemilunya jadi saya juga harap jangan melebar kemana-mana hal ini agar Pemilu juga dapat berjalan lancar,” pungkasnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2636 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *