Simulasi Pencoblosan di TPS, KPU Berau Uji Kemampuan Petugas KPPS

benuanta.co.id, BERAU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Berau lakukan simulasi perdana pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 14 RT 05 Jalan ST Aminuddin Kecamatan Sambaliung.

Ketua KPU Berau Budi Harianto juga simulasi kali ini pun ingin menguji kesiapan para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di setiap TPS.

“Simulasi ini untuk melihat kesiapan petugas kita di TPS untuk melaksanakan pemungutan dan perhitungan suara dan petugas kita real yaitu setiap TPS ada 7 orang petugas KPPS yang merupakan warga domisili asli di TPS ini,” ujarnya Senin (29/1/2024).

Baca Juga :  Civitas UMB Bertemu Muspika dan Pihak Perusahaan Tambang

Pihaknya yakin para calon hak suara saat pencoblosan 14 Februari mendatang merupakan pemilih ril.

“Atau pemilih yang berada di RT sekitar tempat TPS ini. Kemudian dalam proses pelaksanaannya kita sudah lakukan simulasi dari awal sejak jam 7 pagi sampai jam 1 siang untuk melihat kesiapan petugas KPPS,” ungkapnya.

Pada momen Pemilu 2024 ini ada tiga kategori pemilih yaitu Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTB) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Baca Juga :  Moeldoko dan AHY Berjabat Tangan di Istana Sita Perhatian Wartawan

“Dan kawan-kawan KPPS sudah kami jadwalkan jam 2 harus segera lakukan penghitungan suara yaitu ada 5 jenis surat suara berupa Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten Kota,” ucapnya.

Selain itu, dirinya berharap proses perhitungan suara tidak sampai tengah malam.

“Mudah-mudahan sebelum tengah malam bisa selesai, namun apa bila, belum selesai maka mekanismenya bisa dilanjutkan sampai hari berikutnya atau tanggal 15 Februari,” bebernya.

Baca Juga :  TPI Tanjung Batu Bisa Tampung 3 Ribu Nelayan

Lebih lanjut, Budi berharap para saksi pemungutan dan perhitungan suara bisa mengikuti sampai selesai.

“Karena nantinya bila ada terkait keberatan-keberatan di lapangan maka yang punya hak atau kewenangan atau mandat hadir sampai selesai bisa tandatangani pada formulir C1-nya,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *