Kaltara Cerah Berawan, BMKG Keluarkan Warning Risiko Tinggi Pelayaran

benuanta.co.id, TARAKAN – Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Tarakan memprediksi wilayah Kalimantan Utara (Kaltara) cerah pada Jumat, 26 Januari 2024.

Forecaster BMKG Tarakan, Ida Bagus Gede Yamuna menguraikan prakiraan suhu berada di kisaran 22 hingga 33 derajat Celcius.

“Wilayah Tanjung Selor, Nunukan, Malinau, Tana Tidung dan Tarakan cerah berawan pada pagi hingga siang hari,” urainya kedalam rilis singkat, Jumat (26/1/2024).

Ia melanjutkan, memasuki sore hingga malam hari, prediksi cerah berawan masih menyelimuti wilayah Tanjung Selor, Nunukan dan Tana Tidung. Sementara wilayah Malinau diprediksi hujan ringan dan Tana Tidung berawan.

Baca Juga :  Pemprov Kaltara Harap Dukungan Swasta untuk Pengembangan Produk TTG

“Masuk ke dini hari, terdapat 3 wilayah yang berkabut yakni Tanjung Selor, Malinau dan Tana Tidung,” sambungnya.

Sementara Nunukan dan Tarakan diprediksi cerah berawan hingga keesokan harinya. BMKG Tarakan juga mengeluarkan peringatan cuaca terhadap wilayah Malinau Selatan, Peso dan sekitarnya terhadap potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/perut pada malam hingga dini hari.

Baca Juga :  Sukses Bentuk DRPPA di Kaltara, DPPPA Raih Penilaian Sempurna dari Kementrian

Meski kondisi cuaca cerah, BMKG juga mengeluarkan peringatan terhadap risiko tinggi keselamatan pelayaran. khususnya pada perahu nelayan yang mana kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 meter. Untuk Kapal Tongkang, kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 meter, Kapal Ferry diprediksi kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 meter dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau kapal pesiar, kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 meter. (*)

Baca Juga :  Gubernur Dukung dan Restui PWI Kaltara Mengikuti Porwanas 2024 di Banjarmasin

Reporter: Endah Agustina

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2633 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *