Disdikbud Wacanakan Jemput Bola Bantu Pelajar Mengurus Beasiswa Kaltara Unggul

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Walaupun beasiswa Kaltara unggul telah cair pada bulan Desember 2023 lalu, namun ternyata masih hal yang menjadi catatan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Pasalnya dari data Disdikbud Kaltara, mayoritas pelajar yang mengurus beasiswa Kaltara unggul merupakan pelajar yang berada pada wilayah perkotaan. Sedangkan untuk wilayah Tertinggal, Terdepan dan Terluar atau 3T, masih banyak yang enggan mengurus beasiswa Kaltara unggul.

“Kita sudah mengecek dan memastikan hal ini dan ternyata memang sangat sedikit pelajar wilayah 3 T yang mengurus beasiswa dan sebabnya juga banyak,” kata Kepala Disdikbud Kaltara, Teguh Henri Sutanto, Kamis, 18 Januari 2024.

Salah satu alasan dari enggannya para orang tua menguruskan anaknya beasiswa Kaltara unggul ialah, lebih besarnya biaya yang dikeluarkan untuk mengurus administrasinya dari jumlah beasiswa yang didapatkan.

“Hal ini tentu menjadi catatan kita karena syarat yang dibutuhkan untuk mendapatkan beasiswa itu hanya dua yaitu beasiswa tidak mampu dan prestasi. Namun dalam mengurus rekening dan administari lainnya, memang membuat para orang tua kesulitan karena terbatasi akses yang sangat jauh,” ujarnya.

Belajar dari kondisi tersebut, Teguh pun akan melakukan pola jemput bola pada program beasiswa Kaltara unggul tahun 2024. Di mana nanti pihaknya akan menempatkan sejumlah panitia di wilayah 3 T dalam membantu orang tua pelajar mengurua beasiswa Kaltara unggul.

“Hal ini harus kita lakukan karena kita juga ingin semua beasiswa ini didapatkan oleh orang yang memenuhi syarat,” pungkasnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *