Pos Cek Poin di Perbatasan Kaltim dan Kaltara Segera Difungsikan

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) telah membangun pos cek poin lalu lintas ternak di perbatasan Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kaltara. Dimana pembangunannya telah selesai dan tidak lama akan difungsikan.

Kepala DPKP Kaltara, Heri Rudiyono menjelaskan pembangunan pos cek poin lalu lintas ternak ini bertujuan untuk memantau dan mengawasi pergerakan hewan ternak dari luar daerah terutama masuk ke wilayah Bulungan dan daerah lainnya di Kaltara.

“Pos cek poin ini dibangun karena sebelumnya ada Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak yang berasal dari luar daerah. Dengan adanya pos cek poin ini, pihak berwenang dapat mengendalikan dan mengontrol kondisi hewan ternak yang masuk ke wilayah Kaltara,” ujarnya kepada benuanta.co.id, Kamis, 11 Januari 2024.

Baca Juga :  Pemprov Kaltara Harap Dukungan Swasta untuk Pengembangan Produk TTG

Untuk diketahui, pembangunan pos cek poin ini menggunakan anggaran dari APBD Kaltara tahun 2023 sebesar Rp 627.819.037,27.

“Pos cek poin ini difungsionalkan pada awal tahun 2024 setelah instalasi air dan listrik rampung,” jelasnya.

Heri Rudiyono juga menyatakan bahwa pos cek poin ini sangat penting dalam menjaga kesehatan hewan ternak di Kaltara. Hal ini dapat terlihat dari sikap proaktif pihak berwenang dalam menangani PMK dan permasalahan sejenis yang dapat merusak kondisi hewan ternak di wilayah tersebut.

Baca Juga :  Dengarkan Aspirasi Nelayan, KNTI Apresiasi Respons Cepat Gubernur Zainal

Pos cek poin ini juga melibatkan pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan kepolisian serta pihak lainnya dalam menjaga keamanan dan kesehatan hewan ternak.

“Hal ini menunjukkan bahwa upaya menjaga kesehatan dan keamanan hewan ternak juga merupakan tanggung jawab bersama semua pihak yang terkait,” tuturnya.

Diharapkan dengan adanya pos cek poin ini, pergerakan hewan ternak dari luar daerah dapat terpantau dengan baik dan hewan ternak yang masuk ke Kaltara dalam kondisi sehat dan aman, sehingga dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat.(*)

Baca Juga :  Gubernur Dukung dan Restui PWI Kaltara Mengikuti Porwanas 2024 di Banjarmasin

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2685 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *