Capaian APBD Pemprov Kaltara Tahun 2023 Alami Kenaikan Rp400 M

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melakukan evaluasi capaian realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kaltara tahun 2023. Realisasi capai APBD tahun 2023 mengalami peningkatan

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kaltara Denny Harianto menyampaikan capaian realisasi APBD 2023 mencapai 91,70 persen dari total APBD Kaltara 2023 sebesar Rp2,7 triliun.

“Kalau APBD 2022 lalu itu realisasi atau serapannya sebesar 90,17 persen dari total APBD sebesar Rp 2,3 triliun,” ungkapDenny, Ahad (7/1/2023).

Baca Juga :  Sosialisasi Manfaat Program bagi Apotek dan Klinik se-Kabupaten Bulungan

Menurut Denny serapan anggaran belum terlihat per triwulan. Namun jika melihat secara keseluruhan menunjukkan angka yang baik. Puncaknya pada bulan November dan Desember 2023 terjadi peningkatan serapan sehingga mencapai 91,70 persen.

“Memang numpuk di akhir. Idealnya itu kalau bisa mendongkrak perputaran ekonomi, harusnya terlihat setiap triwulannya,” jelas Denny.

Lanjut Denny menerangkan bahwa keuangan mengikuti semua program yang ada menurut prioritas. Jika terencana dengan baik akan terlihat serapan yang baik pula.

Baca Juga :  Jokowi Terbitkan Perpres Distribusi Izin Tambang untuk Ormas Keagamaan

“Ini menjadi evaluasi dan pekerja rumah terbesar. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus berbenah dan memperhatikan seluruh aspek. Serapan ideal bisa diwujudkan dengan memperhatikan setiap triwulan. Baik progress keuangan maupun fisik. Jadi masing-masing pengguna anggaran harus fokus di situ. Keuangan dan fisik progresnya harus sejalan dan baik,” pungkasnya.(*)

Reporter: Ike Julianti

Baca Juga :  Dengarkan Aspirasi Nelayan, KNTI Apresiasi Respons Cepat Gubernur Zainal

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2703 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *