Capaian APBD Pemprov Kaltara Tahun 2023 Alami Kenaikan Rp400 M

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melakukan evaluasi capaian realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kaltara tahun 2023. Realisasi capai APBD tahun 2023 mengalami peningkatan

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kaltara Denny Harianto menyampaikan capaian realisasi APBD 2023 mencapai 91,70 persen dari total APBD Kaltara 2023 sebesar Rp2,7 triliun.

Baca Juga :  Febuari Terjadi Kenaikan Indeks Harga Konsumen di Kaltara

“Kalau APBD 2022 lalu itu realisasi atau serapannya sebesar 90,17 persen dari total APBD sebesar Rp 2,3 triliun,” ungkapDenny, Ahad (7/1/2023).

Menurut Denny serapan anggaran belum terlihat per triwulan. Namun jika melihat secara keseluruhan menunjukkan angka yang baik. Puncaknya pada bulan November dan Desember 2023 terjadi peningkatan serapan sehingga mencapai 91,70 persen.

Baca Juga :  Pengadilan Tinggi Kaltara Masih Belum Punya Gedung Defenitif

“Memang numpuk di akhir. Idealnya itu kalau bisa mendongkrak perputaran ekonomi, harusnya terlihat setiap triwulannya,” jelas Denny.

Lanjut Denny menerangkan bahwa keuangan mengikuti semua program yang ada menurut prioritas. Jika terencana dengan baik akan terlihat serapan yang baik pula.

“Ini menjadi evaluasi dan pekerja rumah terbesar. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus berbenah dan memperhatikan seluruh aspek. Serapan ideal bisa diwujudkan dengan memperhatikan setiap triwulan. Baik progress keuangan maupun fisik. Jadi masing-masing pengguna anggaran harus fokus di situ. Keuangan dan fisik progresnya harus sejalan dan baik,” pungkasnya.(*)

Baca Juga :  OJK Ingatkan Waspada Modus Penipuan di Medsos

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *