Perketat Pengawasan Orang Asing, Imigrasi Nunukan Gelar Operasi JAGRATARA

benuanta.co.id, NUNUKAN – Perketat pengawasan orang asing di perbatasan selama perayaan Natal dan tahun baru, Kantor Imigrasi Kelas II Nunukan gelar operasi JAGRATARA.

Reza Pahlevi selaku Kasi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Nunukan, menyampaikan operasi yang dilaksanakan selama dua hari ini serentak dilaksanakan se Indonesia sebagai intensifikasi pengawasan terhadap orang asing di wilayah Indonesia.

“Kegiatan ini sudah berlangsung sejak 27 dan 28 Desember. Jadi kegiatan ini untuk memastikan keberadaan dan kegiatan orang asing sesuai dengan izin tinggal yang dikeluarkan oleh Imigrasi,” ungkap Reza kepada awak media, Jumat (29/12/2023).

Baca Juga :  Mantan Bendahara RSUD Nunukan jadi Tersangka Korupsi  

Diungkapkannya, saat ini, dengan perkembangan hukum internasional, kehadiran orang asing di suatu negara menjadi hal yang tak terhindarkan.

Namun, ia menekankan jika pentingnya pengawasan dilakukan untuk menjaga stabilitas keamanan nasional.

“Dalam konteks ini, Operasi JAGRATARA ini menjadi langkah konkret untuk mewujudkan prinsip selektif (selective policy) dalam pengawasan terhadap orang asing,” katanya.

Dikatakannya, operasi yang dilaksanakan serentak di seluruh wilayah kerja Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kantor Imigrasi di Indonesia, dengan pengendalian pusat oleh Satgas Pengendali Operasi JAGRATARA pada Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Direktorat Jenderal Imigrasi.

Baca Juga :  Hari Anak Nasional, Lapas Nunukan Berikan Remisi ke 2 Anak

Reza menejelaskan, untuk lokasi pengawasan di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Nunukan mencakup pelabuhan internasional, hotel, penginapan, serta perlintasan tradisional di berbagai kecamatan seperti Tunon Taka, Nunukan, Sebatik, Lumbis, dan Krayan.

“Untuk hasil dari operasi ini, kita tidak menemukan tindak pelanggaran Keimigrasian,” jelasnya.

Dikatakannya, selain pengawasan, Operasi ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Kabupaten Nunukan tentang pentingnya pengawasan terhadap orang asing, dengan melibatkan masyarakat dalam pemahaman ini, diharapkan dapat tercipta keamanan dan ketertiban di wilayah Nunukan.

Baca Juga :  Pindah Domisili Tak Lagi Pakai Surat Pengantar RT

“Kita sangat mengapresiasi partisipasi dan dukungan dari masyarakat dalam menjaga keamanan nasional. Operasi JAGRATARA inu adalah bagian dari komitmen bersama untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi semua pihak khususnya di wilayah Kabupaten Nunukan,” pungkasnya.(*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2703 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *