Disperindagkop Kaltara Pastikan Serapan SOA Capai 100 Persen

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Penyerapan Subsidi Ongkos Angkut (SOA) baik penumpang maupun barang hingga saat ini sebesar 98 persen. Hal itu berdasarkan data yang dikeluarkan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kaltara.

Rute jangkauan SOA penumpang, meliputi Tanjung Selor-Mahak Baru (PP), Tanjung Selor-Long Pujungan (PP), Tanjung Selor-Long Alango (PP), Tanjung Selor-Long Ampung (PP), Tarakan-Long Layu (PP), Tarakan-Long Bawan (PP), Tarakan-Long Ampung (PP), Nunukan-Long Layu (PP), Nunukan-Binuang (PP), Malinau-Long Bawan (PP), dan Malinau-Binuang (PP).

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1911 votes

Adapun SOA barang meliputi pengangkutan bahan kebutuhan pokok ke wilayah Krayan, Lumbis, Sei-Menggaris, Pujungan, Bahau Hulu, Mentarang Hulu, Sungai Tubu, Long Ampung, dan Apau Kayan. Disebutkan Kepala Disperindagkop dan UKM Kaltara, Hasriyani menerangkan untuk SOA sendiri sebagian sudah 100 persen. Melihat progres setiap tahunnya, ia menyakini di akhir tahun realisasinya terserap 100 persen. Bahkan dianggap masih kurang pelayanan SOA di wilayah perbatasan dan pedalaman.

“Karena ini sudah selesai Natal dan memang kemarin sengaja agak di perlambat karena menunggu untuk masyarakat yang pulang untuk Natal dan Tahun Baru,” sebutnya Jumat (28/12/2023).

Bukan hanya itu, pihaknya tinggal menunggu Surat Pertanggungjawaban (SPJ) untuk SOA barang sendiri sudah mencapai 100 persen. Namun untuk SOA penumpang masih dalam proses. Sebab masih berjalan hingga akhir tahun ini.

“Tunggu selesai SOA penumpang, baru terlihat berada persen. Namun saya dan kita yakin bahwa bisa terserap 100 persen,” sebutnya.

Ditanya evaluasi, lanjut dia, setiap tahunnya selalu ada yang meningkat. Selain serapannya dan anggaran, bahkan juga prosesnya. Khususnya pada SOA barang, pihak kecamatan menjadi penyedia untuk mendistribusikan SOA barang.

“Itu rekomendasi dari kecamatan. Alhamdulillah berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *